Sunday, 22 July, 2018 - 21:12

Rapim Satker Kemenag Sulteng: Pelaksanaan Program 2018 Harus Dipercepat

FOTO BERSAMA - Kakanwil Kemenag Sulteng, Abdullah Latopada saat mengikuti Rapat Pimpinan Satker Kementerian Agama Provinsi Sulteng di Aula Kemenag Sulteng, Senin, 15 Januari 2018. (Foto: Humas Kanwil Kemenag Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Rapat Pimpinan Satuan Kerja institusi tersebut di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, Senin, 15 Januari 2018.

Kepala Kanwil Kemenag Abdullah Latopada mengatakan rapat pimpinan tersebut bertujuan mempercepat pelaksanaan program pada 2018. Kata dia, amanat Sekjen Kemenag RI agar melakukan evaluasi program 2017.

“Untuk itu, program 2017 yang dianggap belum efektif, tidak lagi diprogramkan di tahun ini. Jika ada yang demikian, kita diberikan izin untuk merevisi program yang tidak efektif dan efisien itu,” kata Abdullah.

Oleh sebab itu, Abdullah menegaskan, program di 2017 yang telah disusun dan selesai, agar direvisi kembali dengan program yang dianggap lebih strategis.

“Tujuan kedua rapat pimpinan ini untuk menyatukan langkah, persepsi, arah dan kebijakan bersama untuk mengevaluasi dan program strategis apa saja yang akan dilaksanakan di 2018,” ujarnya.

Kata Abdullah, program strategis adalah program yang berpihak kepada rakyat.

“Tidak asal melakukan program, yang asal selesai, tapi hasilnya nol besar,” katanya.

“Jika masih ditemukan program yang asal-asalan, berarti kita belum berpikir bijak dan belum mempunyai strategi yang baik, artinya, program itu tidak bermanfaat bagi rakyat,” katanya.

Dia berharap program strategis yang dilaksanakan nantinya adalah program yang bermanfaat secara lembaga dan juga bermanfaat untuk masyarakat.
Selain itu, Kakanwil juga menekankan setiap program yang dilasanakan harus memiliki pertanggung jawaban publik.

“Satker haruslah mempublikasikan programnya, agar masyarakat mengetahui apa yang telah dikerjakan oleh Kementerian Agama,” ungkapnya.

Evaluasi program 2017 dan pemantapan pelaksanaan program 2018, kata Abdullah, perlu dilakukan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pimpinan satuan kerja di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah.


Editor: M Yusuf Bj