Saturday, 21 October, 2017 - 21:57

Ratusan CJH Palu Belum Urus Paspor, Imigrasi Beri Waktu hingga Akhir April

Kepala Imigrasi Palu, Suparman. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kantor Imigrasi Palu terpaksa memperpanjang jangka waktu pengurusan paspor untuk jamaah haji musim haji 2017. Ini karena masih banyak jamaah haji yang belum menyelesaikan paspornya.

“Sebenarnya jangka waktu pembuatan paspor jemaah haji hingga 31 Maret 2017, namun karena melihat masih ada beberapa jamaah haji yang belum memiliki paspor, sehingga waktu permohonan pembuatan paspor diperpanjang hingga April 2017,” kata Kepala Imigrasi Palu, Suparman, Selasa 4 April 2017.

Pihaknya berharap agar calon jamaah haji (CJH) bisa memanfaatkan waktu perpanjangan pembuatan paspor.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar segera membuat paspor, agar seluruh syarat sebelum berangkat haji bisa terpenuhi, agar calon jamaah haji bisa beribadah dengan tenang dan lancar,” sambungnya.

Terkait dengan paspor haji tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu Mas’um Rumi kembali mengingatkan agar calon jamaah haji segera melengkapi persyaratannya.

“Persyaratan perlu diselesaikan dengan baik, misalnya paspor calon jamaah haji. Ini sangat penting, karena tidak mengurus paspor itu bisa menjadi sebuah masalah bagi calon jamaah haji,” kata Mas’um kepada Metrosulawesi.

Ma’sum mengingatkan bahwa waktu pemberangkatan haji tidak lama lagi.

“Saya mengkhawatirkan berdasarkan laporan dari Kepala Seksi Penyelengara Haji dan Umrah, masih ada 288 calon haji di Kota Palu belum memiliki paspor haji,” ungkapnya.

“Artinya mereka yang belum mengurus paspor, jika sudah lewat waktu pengurusan, maka bisa jadi pemberangkatannya tertunda, sehingga melanjutkan keberangkatannya pada tahun depan,” katanya.

Mas’um berharap kepada calon jemaah haji yang hingga saat ini belum mengurus paspornya, sesegera mungkin untuk mengurusnya.

“Batas akhir pengurusan paspor belum diketahui, karena penentu pengurusan paspor itu pihak imigrasi. Pengurusannya melalui beberapa tahapan, yang jelas kabupaten lainnya sudah selesai pengurusan paspor hajinya,” katanya.

Mas’um mengungkapkan kurang lebih 480 CJH Palu yang telah melakukan pengurusan paspor.

“Sebenarnya yang sangat dikhawatirkan, jangan sampai pada saat mengurus paspor, ada beberapa persyaratan yang tidak terpenuhi, dan ini akan memakan waktu lagi,” jelasnya.

“Terkait pemberangkatan calon jamaah haji, sesuai jadwal nasional, kloter pertama akan berangkat Juli 2017. Untuk jadwal pemberangakatannya, kami tinggal menunggu, sesuai rapat bersama seluruh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi se Indonesia membahas kloter-kloter pemberangakatan haji,” katanya. (del/man)


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.