Friday, 24 November, 2017 - 15:43

Ratusan Hektar Lahan Pertanian di Sigi Mengering

Sigi, Metrosulawesi.com – Kemarau yang melanda  dan menurunnya debit air akibat kerusakan hutan, menyebabkan ratusan hektar lahan pertanian  di Kabupaten Sigi mengering. Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan Pemkab Sigi Kasdin mengatakan, kemarau panjang tahun 2015 berakibat pada menurunya jumlah debit air yang mengalir di irigasi, sehingga berdampak pada kekeringan sawah petani.

“Sebagian disini irigasinya tidak maksimal, seperti Bora ini digilir pemakaian airnya, mungkin juga pengaruh pengrusakan hutan,” kata Kasdin, Senin (11/1/2016).

Menurutnya, faktor utama yang menyebabkan menurunnya debit air yaitu hutan di Sigi banyak mengalami kerusakan. Sementara untuk program percetakan sawah baru, Kata Kasdin, Dinas Pertanian dan Kehutanan sudah merencanakan, akan tetapi lahannya yang terbatas karena beberapa daerah yang diprogramkan sulit dijangkau oleh alat berat, seperti daerah Kalamata, Manggalapi, Kecamatan Palolo.

“Memang direncakan, namun terbatas dengan daerah yang sulit dijangkau seperti Kalamanta, Manggalapi, terbatas dengan itu dalam percetakan sawah,” katanya.

Untuk tahun anggaran 2016 akan diprogramkan percetakan sawah di daerah Samba.

“Tahun 2016, ada tapi karena sudah lama tidak diolah makanya kita cetak kembali itu di daerah Sambo,” ujarnya.


Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.