Friday, 18 August, 2017 - 09:17

Ratusan Jamaah Haji Palu Belum Urus Paspor

Kepala Kantor Imigrasi Palu, Suparman (Foto : Surahmanto Sukirman/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Kantor Imigrasi Palu Suparman meminta gara para calon jemaah haji segera melakukan pengurusan paspor. Kata dia, batas akhir pengurusan paspor hingga April 2017.

“Kalau kami melihat data yang ada, beberapa Kabupaten dan Kota yang menjadi wilayah kerja Imigrasi Palu, hampir seluruh calon jemaah haji sudah mengurus paspor. Hanya saja untuk Palu masih banyak calon jemaah haji yang belum mengurus paspor,” kata Suparman di Palu, 19 April 2017.

“Tercatat 213 calon jemaah haji Palu belum mengurus paspor. Jadi untuk calon jemaah haji yang belum mengurus paspor lebih banyak di Palu, untuk beberapa wilayah lain, calon jemaah haji sudah mengurus paspor,” sambungya.

Suparman mengungkapkan wilayah kerja Kantor Imigrasi Palu meliputi Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggal, Kabupaten Poso, Kabupaten Parigi Mautong, Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol.

Suparman menjelaskan pihaknya telah memberikan batas waktu pengurusan paspor hingga Maret.

“Karena beberapa calon jemaah haji belum mengurus paspor, sehingga waktu pengurusan paspor kami perpanjang,” katanya.

Suparman menjelaskan ada tahapan yang harus dilalui calon jamaah haji (CJH) dalam melakukan pengurusan paspor. Karena itu, sebaiknya para CJH yang belum melakukan pengurusan paspor untuk segera mengurusnya.

“Jamaah haji tidak hanya mengurus paspor saja, masih ada tahapan administrasi lainnya seperti rekomendasi dari Kemenag untuk menerbitkan paspor bagi calon jemaah haji,” katanya.

Disinggung soal kendala calon jemaah haji dalam mengurus paspor, Suparman mengungkapkan dirinya tidak mengetahui hal itu.

“Saya tidak tahu apa kendalanya sehingga calon jamaah haji belum mengurus paspor. Sementara kami disini sudah bersedia untuk segera menyelesaikan paspor bagi calon jamaah haji,” katanya.

Ia menegaskan pengurusan paspor calon jemaah haji harus segara diselesaikan.

“Calon jamaah haji harus segera menyelesaikan  pengurusan paspor, agar penerbitan paspor selesai tepat waktu,” katanya.

“Pihak imigrasi bisa kesulitan jika menerbitkan paspor dengan jumlah banyak dalam jangka waktu yang terbatas. Sementara kalau kita melihat jumlah calon jemaah haji yang belum mengurus paspor masih banyak,” sambungnya.

Suparman berharap para CJH yang belum mengurus paspor, khususnya Kota Palu, segera ke Kantor Imigrasi untuk mengurusnya.

“Kami berharap agar calon jemaah haji bisa segera mengurus paspor, agar mereka bisa tenang sebelum berangkat untuk ibadah,” katanya. 


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.