Wednesday, 19 September, 2018 - 19:15

Ratusan Karyawan IMIP Morowali Donor Darah

DONOR DARAH - Karyawan PT IMIP melakukan donor darahyang diselenggarakan oleh manajemen perusahaan tersebut bekerja sama dengan PMI Cabang Kendari, Senin 4 Desember 2017. (Foto : Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Bungku, Metrosulawesi.com - Tidak kurang 209 karyawan pekerja di dalam kawasan industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) melakukan donor darah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh manajemen perusahaan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kendari, Senin 4 Desember 2017.

Menurut koordinator kegiatan donor darah PT IMIP, dr Mira Tania, donor darah ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan solidaritas sosial dari karyawan PT IMIP terhadap sesama manusia yang pada suatu saat akan membutuhkan bantuan pertolongan.

"Setetes darah dapat menyelamatkan orang lain. Sehingga, sangat penting kita mendonorkan darah dan bukti kepedulian terhadap sesama," ujar dr Mira yang kesehariannya juga bekerja di Klinik Utama Permata Indah tersebut.

Klinik Utama Permata Indah sehari-hari melayani dan menyiapkan fasilitas pengobatan terhadap lebih dari 10 ribu karyawan yang bekerja di dalam kawasan PT IMIP. Kegiatan donor darah tersebut merupakan yang ketiga kalinya digelar selama tahun 2017 di kawasan PT IMIP.

“Tren kepedulian karyawan untuk ikut mendonorkan darahnya kian hari selalu meningkat kondisi seperti itu yang bisa kami lihat. Efek kesadaran tidak terlepas dari peran aktif dan keseriusan pihak manajemen dan pimpinan PT IMIP membantu kegiatan ini,” kata dr Mira.

Menurut dia,sebenarnya masih banyak karyawan berkeinginan mendonorkan darahnya,hanya saja stok kantong darah yang disiapkan pihak PMI Cabang Kendari terbatas sehingga tak terakomodir. Selain itu, kegiatan tersebut juga berbenturan dengan jadwal kerja para karyawan.

Kepala Departemen Eksternal PT IMIP Site Morowali, Slamet V Panggabean menyebutkan menyumbang darah dapat memberikan sisi keuntungan, baik kepada pendonor sendiri maupun penerima. Hal itu dikarenakan pendonor akan menjadi sehat,demikian juga yang menerima donor jiwanya akan terselamatkan.

"Artinya,donor darah memberikan keuntungan pada semua pihak. Oleh karena itu, saya mengajak sekaligus mengimbau karyawan agar aksi donor darah ini menjadi gaya hidup," ujarnya.

Slamet mengaku bahwa kegiatan donor darah tersebut akan terus dilaksanakan secara rutin di dalam kawasan PT IMIP. Apalagi,dari tiga kali kegiatan yang sudah dilakukan jumlah karyawan yang menjadi peserta donor volumenya kian terus meningkat.

"Di sini dapat kita berkesimpulan bahwa karyawan menyambut positif kegiatan-kegiatan sosial, sudah barang tentu hal ini akan selalu mendapat perhatian serius untuk diberikan support,” ujarnya.


Editor : Syamsu Rizal