Monday, 23 July, 2018 - 08:13

REKAPITULASI KPU PALU - Cudi Unggul di Lima Kecamatan Kota Palu

Suasana rekapitulasi suara di Kantor KPU Palu, Kamis (17/12/2015). (Foto : Metrosulawesi/Henny Arman)

Palu, Metrosulawesi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar rekapitulasi suara pemilihan wali kota dan wakil wali kota serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Kamis (17/12/2015) di Kantor KPU Palu.

Dalam rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pasangan calon nomor urut 1 Rusdi Mastura-Ihwan datu Adam memimpin perolehan suara pada lima kecamatan. Sementara pasangan petahanaLongki Djanggola–Sudarto yang merupakan pasangan petahana hanya mampu unggul di dua kecamatan saja.

Rinciannya yaitu Kecamatan Palu Barat: Rusdi-Ihwan 12.117 suara, Longki-Sudarto 9.338 suara, Kecamatan Palu Timur: Rusdi-Ihwan 9.757 suara, Longki-Sudarto 9.600 suara, Kecamatan Palu Selatan: Rusdi-Ihwan 13.812 suara, Longki-Sudarto 14.362 suara.

Selanjutnya, Kecamatan Taweli: Rusdi-Ihwan 7013 suara, Longki-Sudarto 3.024 suara, Kecamatan Tatanga: Rusdi-Ihwan 10799 suara, Longki-Sudarto 8.081 suara, dan Kecamatan Mantikolore: 13.184 suara, Longki-Sudarto 13.875 suara. Sementara untuk perolehan suara untuk Kecamatan Palu Utara hingga pukul 18.00 wita belum dilakukan rekapitulasi, karena adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 7 Kelurahan Mamboro.

Pantauan metrosulawesi, secara keseluruhan proses rekapitulasi berlangsung aman, walaupun rekapitulasi tiga kecamatan yaitu Palu Selatan, Palu Timur dan Mantikore berlangsung alot dan mendapatkan banyak kritikan dari saksi pasangan calon nomor urut 1.

Kritikan yang disampaikan diantaranya yaitu banyaknya Daftar Pemilih Pindahan (DPPh) di Kecamatan Palu Timur yang berjumlah 263 suara.

Menaggapi hal itu, Ketua PPK Palu Timur, Indra mengatakan bahwa salah satu pemicu meningkatnya DPPh di wilayahnya adalah besarnya jumlah pemilih di beberapa rumah sakit, tahanan Polda dan Polres serta warga Binaan di Rutan Maesa. 

“Diantaranya jumlah pemilih TPS 24, merupakan TPS khusus di Rutan Maesa. Sementara di rumah sakit, kami juga melayani hak suara pasien, perawat serta penjaga pasien,” kata Indra.

Selain dihadiri lima komisioner KPU Kota Palu, rekapitulasi tersebut juga dihadiri PPK sekota Palu, Panwascam sekota Palu, Anggota Panwaslih Kota Palu Ivan Yudarta dan Andi Maharani serta saksi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 dan nomor urut 2.


Editor : M Yusuf BJ