Saturday, 18 August, 2018 - 20:08

Rekrutmen CPNS Belum Jelas

Supardi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Rekrutmen CPNS daerah sampai saat ini belum jelas. Informasi yang beredar pembukaan pendaftaran bakal dilakukan akhir Juli kemungkinannya akan tertunda. Hal ini terkonfirmasi dari Kepala UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palu, Supardi.

“Belum ada kepastian, nanti kalau sudah ada akan kami informasikan kepada masyarakat,” ujar Supardi kepada Metrosulawesi, Kamis, 26 Juli 2018.

Dia menambahkan nantinya pihaknya akan menyebarluaskan informasi pendaftaran CPNS melalui berbagai saluran komunikasi, salah satunya media sosial facebook BKN.

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulteng Zubair juga mengungkapkan belum ada kepastian pembukaan pendaftaran CPNS daerah. BKD Sulteng kata dia masih menunggu surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Belum ada surat dari Menpan, kami masih menunggu,” ujar Zubair di Palu, Senin, 9 Juli 2018 lalu.

Zubair menerangkan, surat dari Menpan akan menjadi petunjuk pelaksanaan rekrutmen meliputi waktu, mekanisme sampai kuota formasi. Kemungkinan terbesar rekrutmen sendiri menggunakan sistem online.

Terpisah Kepala Bidang Pengadaan, Penghargaan dan Informasi Kepegawaian BKD Sulteng Purwoko menjelaskan pihaknya sebelumnya mengusulkan tiga formasi dengan kuota seribu lebih. Namun dari usulan tersebut yang mendapat lampu hijau dari Menpan hanya sekitar 400 lebih dengan formasi tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga tehnis.

“Kuota itu disesuaikan dengan jumlah pensiunan ASN Pemprov Sulteng setiap tahunnya. Tapi itu juga belum pasti karena masih menunggu penetapan akhir dari Menpan,” jelasnya.

Adapun untuk usulan formasi kabupaten/kuota di Sulteng, Purwoko mengaku tidak mengetahuinya. Itu karena pengusulan formasi antara BKD provinsi dan kabupaten/kota diusulkan masing-masing. Namun dia memperkirakan jumlah kuota yang akan diberikan kepada kabupaten/kota tidak jauh berbeda dengan provinsi.

“Kalau kami di BKD Sulteng sudah melengkapi semua persyaratan pengajuan formasi, tinggal menunggu. Dalam waktu ada rencana Kepala BKD akan ikut rakor di Jakarta, mungkin rakor terkait rekrutmen,” kata Purwoko.

Purwoko mengimbau agar masyarakat tidak tertipu oleh oknum-oknum yang ingin memanfaatkan rekrutmen CPNS dengan iming-iming tertentu. Informasi kepastian rekrutmen hanya bersumber dari Menpan-RB.

“Jangan percaya informasi diluar Menpan-RB, ditunggu saja karena akan diumumkan serentak secara nasional,” tandas Purwoko.


Editor: Udin Salim