Tuesday, 25 September, 2018 - 05:12

Rekrutmen CPNS Daerah 2018, BKN Palu Siap Laksanakan CAT

RUANGAN CAT - Kepala UPT BKN Palu Supardi (tengah) bersama jajarannya di Ruangan CAT BKN Palu jalan RA Kartini Nomor 100, Selasa, 10 Juli 2018. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Rekrutmen CPNS daerah dalam waktu dekat akan dibuka meski belum secara resmi diumumkan pemerintah. UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palu telah siap melaksanakan Computer Assisted Tes (CAT).

“Kalau kami di UPT BKN Palu pada prinsipnya kapanpun tes akan dilaksanakan selalu siap,” ujar Kepala UPT BKN Palu Supardi kepada Metrosulawesi, Selasa, 10 Juli 2018.

Rekrutmen CPNS sejak beberapa tahun terakhir diketahui telah menggunakan sistem tes CAT yang saling terintegrasi. BKN Palu sendiri menyiapkan sekitar 50 unit komputer untuk pelaksanaan CAT tersebut.

“Sebenarnya ada 55 unit komputer di BKN Palu, Cuma lima unit kami siapkan apabila ada komputer peserta yang tiba-tiba rusak. Jadi lima unit komputer tersebut kami siapkan sebagai cadangan,” jelas Supardi.

Dia mengatakan sejak UPT BKN Palu diresmikan pada Juli 2017 lalu, setidaknya sudah melaksanakan dua kali tes CAT rekrutmen CPNS kementerian/lembaga. Secara umum pelaksanaan CAT di BKN Palu berjalan lancar meski terdapat beberapa kendala namun tidak mengganggu jalannya tes.

Dalam pelaksanaan CAT, ada delapan petugas yang saling bergantian melakukan pengawasan. Pengawasan juga terbantu dengan dipasangnya sejumlah CCTV di dalam ruangan tes.

UPT BKN Palu hadir di Sulteng guna mendekatkan pelayanan kepegawaian bagi ASN dan masyarakat umum. Supardi menuturkan terus mengevaluasi pelayanan di instansi yang dipimpinnya sesuai harapan masyarakat.

“Setiap saat kami evaluasi, termasuk menyangkut hal tehnis terkait pelaksanaan tes CAT,” tuturnya.

Kantor UPT BKN sendiri merupakan gedung ex Cipta Karya dan Tata Ruang Sulteng yang beralamat di jalan RA Kartini Palu Nomor 100 Palu. Peresmian UPT BKN Palu dilaksanakan pada 11 Juli 2017 oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana didampingi Gubernur Sulteng H Longki Djanggola.

Dalam kesempatannya Gubernur Longki saat itu berharap UPT BKN Palu hadir guna mempercepat reformasi birokrasi dan memfasilitasi rekrutmen CPNS, siswa sekolah kedinasan, ujian dinas, penyesuaian ijazah, pemetaan kompetensi jabatan, seleksi jabatan struktural, tes kompetensi bidang dan asessment ASN.

“Dengan begitu ASN di Sulawesi Tengah akan dapat didayagunakan dan ditempatkan secara tepat berdasarkan background pendidikan, bakat, kompetensi dan potensinya,” ucap gubernur. 

 

Editor: M Yusuf Bj