Sunday, 23 July, 2017 - 06:50

Rektor Untad Ingatkan Angkatan 2010 Tuntaskan Studi

Rektor Universitas Tadulako, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio, SE MS. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Rektor Universitas Tadulako (Untad) Prof.Dr.Ir.Muhammad Basir.SE.MS mengingatkan mahasiswa angkatan 2010 agar menggelorakan hasrat untuk sukses dengan segala duka dan tantangan yang dihadapi, mengingat masa kuliah angkatan 2010 segera selesai.
.
Prof.Dr.Ir.Muhammad Basir.SE.Ms mengungkapkan saat dirinya membuka Sistem Administrasi Akademik (Siakad) melalu IT Center Universitas Tadulako, tampak data angkatan 2010 cukup mengejutkan. 

“Sungguh di luar dugaan, mahasiswa Angkatan 2010 yang belum merampungkan studinya masih berada dalam jumlah yang sangat besar,” katanya.

“Dari total mahasiswa Angkatan 2010 sebanyak 6.514 orang, yang telah dinyatakan selesai baru 3.832 orang atau 60,36% dan masih terdapat 2.583 orang atau 39,64% yang belum merampungkan studinya. Dari 2.583 mahasiswa tersebut, ternyata terdapat 1.770 orang yang tidak terdaftar pada semester akhir 2016/2017 alias tidak aktif, sehingga otomatis tidak dapat mengikuti proses akademik,” sambungnya.

Jumlah mahasiswa Angkatan 2010 yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif semester yang sedang berjalan ini hanya 813 orang, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, hanya  813 orang yang memiliki peluang untuk menyelesaikan pendidikannya di program studinya masing-masing.

Rektor Untad mengingatkankepada mahasiswa angkatan 2010 bahwa batas akhir masa studi adalah 30 Juni 2017 hingga Pukul 00.00 Wita.

“Sebelum menyeberang pada 1 Juli 2017, sebagai hari pertama di tahun kedelapan keberadaan anak-anakku di Kampus Universitas Tadulako. Siakad yang Daring (Link) dengan Kemenristek Dikti, akan "Men-DELETE" secara otomatis nama mahasiswa yang memiliki Nomor Stambuk (Nomor Registrasi) dengan Kode "10" sebagai kode sistem bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswa Angkatan 2010,” katanya.

“Masih ada asa agar anak-anakku yang merasa, terutama yang 813 orang yang tercatat sebagai mahasiswa aktif semester berjalan, untuk segera memacu diri. Segera tuntaskan karya ilmiah tugas akhir yang sedang berjalan untuk lebih dipercepat proses penyelesaiannya.  Agar sebelum tiba 30 Juni 2017 hingga pukul 00.00 Wita masih dapat menempuh Ujian Akhir Karya Tulis Ilmiah (UAKTI) di prodinya masing-masing,” sambungnya.

Rektor mengingatkan kepada Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan Fakultas, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Koordinator Prodi, dan para Dosen agar kiranya memberi perhatian sungguh-sungguh kepada para mahasiswa angkatan 2010.

“ Mereka adalah anak kita semua, generasi penerus cita-cita bangsa. Mereka hendaknya dipandang dan diperlakukan ibarat anak kandung sendiri yang sedang berada dalam "kegalauan" yang sangat mendalam,” katanya

“Kepada Orangtua/Wali mahasiswa, kakak-kakak atau adik-adik mereka di rumah, hendaknya mengambil bagian untuk ikut memberi semangat, dorongan, serta ikut memantau perkembangan studi mereka.  Sehingga sisa waktu yang tersedia sebanyak tiga bulan atau 90 hari dari sekarang hingga 30 Juni 2017, masih dapat mengantarkan mereka meraih cita-citanya menjadi alumni Universitas Tadulako,” sambungnya.

Pihaknya juga mengingatkanKhusus mahasiswa Angkatan 2010 yang berjumlah 1.770 orang yang namanya tidak terdaftar dalam Siakad Semester ini agar segera melaporkan diri ke prodi masing-masing, atau langsung ke Dekan Fakultas, atau ke Wakil Rektor Bidang Akademik, atau langsung ke Rektor, untuk didengar, apakah masih ada peluang.

“Misalnya, karena pernah mengambil Cuti Akademik. Jika tahu bahwa sudah tidak ada peluang merampungkan studi, saya imbau dengan sungguh-sungguh, agar anak-anakku segera mengurus Surat Pindah sebelum tiba Tanggal 30 Juni 2017,” katanya.

“Jika sampai tanggal 30 Juni 2017 tidak ada informasi, dan setelah lewat tanggal tersebut masih berkesempatan ke kampus, kami masih dapat memfasilitasi memberi Surat Keterangan Belajar, berikut Daftar Nilai matakuliah yang telah dilulusi,” sambungnya.

Rektor Untad berharap agar mahasiswa Angkatan 2010 untuk memperhatikan studi masa waktu yang masih tersisa.

“Sungguh berat rasanya jika mereka harus meninggalkan kampus tanpa hasil sebagaimana yang diharapan. Bukan hanya kalian yang kecewa, tetapi orang tua dan keluarga juga sangat terpukul dan kami sebagai orang tua mereka di kampus juga merasa sedih dengan situasi ini,“ kata Rektor.

“Sekali lagi, kiranya anak-anakku angkatan 2010 segera bangkit. Masih ada waktu dan kami yakin, jika tekad dan semangat masih membara, Insya Allah cita-cita luhur anak-anakku bukan hal yang mustahil, yang pada akhirnya menjadi kenyataan. Allah tidak pernah menyia-nyiakan perjuangan dan doa tulus dalam perjuangan,” katanya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.