Tuesday, 21 August, 2018 - 06:35

RM Sauna Alam Pratama, Nikmati Ikan Mujair dan Alamnya

Suasana pengunjung yang datang di rumah makan Sauna Alam Pratama. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

NUANSA alam yang begitu kental, akan membuat pengunjung berada di tengah alam bebas, lengkap dengan belai angin yang berhembus lembut, akan semakin memanjakan pengunjung yang datang ke rumah makan Sauna Alam Pratama.

Pemilik Sauna Alam Pratama, Sarifuddin mengatakan, ide membuka usaha ini berawal dari hobbi dan merupakan kebutuhan pribadi. Biaya hanya dikenakan saat hendak menikmati fasilitas yang disediakan. Jika pengunjung yang datang memilih untuk menikmati fasilitas memancing, untuk jenis ikan mas, ikan nila dan ikan lele. Jika hasil pancingannya hendak dibawa pulang, itulah yang dibayar.

“Usaha ini sudah lumayan cukup lama. Tapi kita membuka untuk umum khususnya rumah makan sekitar empat tahun. Dulu usaha saya menjual beras tetapi pendpatan usaha itu tidak stabil. Namun, mendengar dari saran teman, saya memberanikan diri untuk membangun usaha ini. Modal awal untuk membuka usaha sekitar Rp250 juta sampai Rp500 juta," kata Sarifuddin, Sabtu, 21 Juli 2018.

Pengunjung yang datang ke tempat itu kebanyakan di akhir pekan. Rata-rata pengunjung dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Selain itu, harga makanan di tempat tersebut sekitar Rp125 ribu per paket lengkap. Sedangkan, minuman yang khas dari warung makan tersebut itu adalah kelapa muda.  

Dia mengungkapkan, pasokan ikan air tawar kebanyakan dari kelompok petani ikan air tawar di wilayah Kabupaten Sigi. rumah makan tersebut hanya mengutamakan pelayanan, rasa makanan dan lingkungan alam yang sejuk.

“Kebetulan saya masuk kelompok petani ikan air tawar di Sigi. Hasil panen ikan mereka saya bantu menjualkan ke masyarakat melalui rumah makan," ungkapnya.

Ke depan usaha warung makan Sauna Alam Pratama akan merencakan perluas usaha tersebut tergantung lokasi dan tingkat pemasarannya. Selain itu, rumah makan tersebut juga menawarkan menu makanan lain seperti ayam dan ikan laut. 

“Rencana ke depan pasti ada untuk memperluas usaha rumah makan dilihat dari lokasinya yang strategis untuk memasarkan ikan air tawar. Kalau rumah makan ini kita yang tawarkan hanya fokus untuk makanan khususnya ikan air tawar. Kecuali, ada pesanan khusus seperti ayam dan jenis ikan laut biasanya kita layani juga pengunjung pesan sebelum hari mereka datang,” tambahnya. 

Rumah makan yang beralamat di Jalan Munif Rahaman, Gang Nurul Amal Kelurahan Kabonena Kecamatan Ulujadi, selain menyediakan rumah makan dan sarana rekreasi alternatif keluarga. Tempat tersebut juga menyediakan tempat menarik bagi para pengunjung. Diantaranya adalah kolam pemancingan ikan air tawar dan tempat latihan menembak anggota TNI dan Polri maupun masyarakat umum yang tergabung dalam Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin). 


Editor: Pataruddin