Friday, 21 September, 2018 - 10:06

RSUD Tora Belo Belum Tangani Pasien HIV/AIDS

dr Graf Beba MPh. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tora Belo belum bisa memastikan positif terhadap pasien yang mengidap HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome). Sehingga warga di Kabupaten Sigi yang memiliki gejala HIV/AIDS segera dirujuk ke RSUD Undata di Kota Palu.

Direktur RSUD Tora Belo, dr Graf Beba MPh, yang ditemui baru-baru ini, mengatakan, RSUD Undata memang dibenarkan menjadi salah satu rujukan pasien HIV/AIDS. Maka dari itu, RSUD Tora Belo sekadar melakukan pemeriksaan tahap awal.

“Kami disini (RSUD Tora Belo) hanya memeriksa tahap awal saja dan yang memastikan pasien postif HIV/AIDS itu di RSUD Undata,” ungkapnya.

Dr Graf sapaanya, menambahkan, melakukan pemeriksaan tahap awal yang dimaksud adalah dengan screening test. Langkah yang diambil itu dengan memilah pasien diduga terjangkit HIV/AIDS tersebut.

“Jadi tidak semua pasien diperiksa HIV/AIDS seperti itu. Hanya pasien memperlihatkan gejala–gejala tertentu,” terangnya.

Menurutnya, warga di Kabupaten Sigi yang diduga terinfeksi HIV/AIDS, maka dengan segera akan dirujuk ke RSUD Undata. Karena di sana memiliki peralatan lengkap dan memadai untuk memeriksa pasien HIV/AIDS tersebut.

“Kami di sini alat yang belum memadai sehingga pasien terjangkit HIV/AIDS itu dipusatkan pengobatanya di RSUD Undata,” pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal