Friday, 20 July, 2018 - 01:43

Ruas Jalan Malino-Sumara Jaya Putus Total

Morut, Metrosulawesi.com - Poros jalan provinsi tepatnya antara Malino - Sumara Jaya Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara mengalami longsor. Badan jalan beraspal sepanjang 50 meter bergeser dengan kedalaman 5 meter. Akibatnya, akses jalan putus total. Kendaraan roda empat tidak bisa melewati jalan tersebut.

Kepala Wilayah Kecamatan Soyo Jaya Iskandar dihubungi Metrosulawesi mengatakan, longsor yang terjadi tepatnya jembatan Limbuka 3 atau masyarakat Soyo Jaya mengenal jembatan bulat terjadi pada Senin 9 Juli 2018, siang.

Saat kejadian, cuaca cerah, tidak hujan atau gempa yang menyebabkan poros jalan ini putus total. Sampai siang kemarin, kendaraan roda empat atau mobil tidak bisa melintas. Sedadangkan roda dua atau sepeda motor harus diangkat oleh 3 sampai 4 orang untuk bisa melewati jalan tersebut.

“Kami telah menginformasikan kepada Bidang Bina Marga PU Provinsi Sulteng dan informasi Selasa ini mereka dalam perjalanan ke Soyo Jaya untuk melakukan langkah-langkah penanganan bencana longsor tersebut,” kata Jaya Iskandar.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Marga PU dan Penataan Ruang Kabupaten Morut, Destuber Mato'ori kepada Metrosulawesi membenarkan adanya longsor tersebut dan pihaknya telah menghubungi Bidang Bina Marga PU Provinsi Sulteng. 

“Mereka turun ke lokasi dalam melakukan penanggulangan bersama,” ujarnya.

Destuber juga mengakui dalam beberapa hari terakhir ini diguyur hujan deras sehingga dibeberapa tempat terjadi banjir dan longsor.  

 

Editor: Syamsu Rizal