Friday, 20 April, 2018 - 20:38

Rudy Sufahriady Kembali ke Brimob

Brigjen Rudy Sufahriady. (Foto : Eddy/ Metrosulawesi)

JEJAK KARIR BRIGJEN SUFAHRIADI
  • Lahir di Cimahi 23 Agustus 1965
  • Lulus Akpol (1988), Danton Brimob Kelapa Dua Depok (1988), Dankie Brimob Kepala Dua Depok (1992), PTIK (1996), Kanit Resmob Ditserse Polda Metro Jaya (1997)
  • Dan Yon Sat Brimob Polda Papua (2000), Wakasat Brimob Polda Maluku (2001), Wakasat Gegana Korps Brimob Polri (2004), Sespim (2004), Kapolres Poso Polda Sulteng (2005), Wadir Reskrimum Polda Metro (2007), Kaden 88 Anti Teror Polda Metro Jaya (2007), Kapolres Metro Jakarta Utara (2009), Pamen Densus 88 Polri (2010), Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT (2010), Lemhanas (2013), Kapolda Sulteng (2016-2017)

Jakarta, Metrosulawesi.com - Brigjen Rudy Sufahriady, yang menjabat Kapolda Sulteng saat ini ditarik menduduki jabatan sebagai Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri. Sebelum menjabat sebagai Kapolda Sulteng, mantan Kapolres Poso itu pernah sebagai Dankie Brimob Kepala Dua Depok.

Mutasi atau pergantian jabatan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, terungkap melalui surat telegram (ST) Kapolri bernomor surat ST/16/I/2018 yang diterima Metrosulawesi, Jumat 4 Januari 2018.

Posisi Kapolda Sulteng dari Brigjen Rudy Sufahriady akan digantikan oleh Brigjen I Ketut Argawa, yang selama ini menjabat sebagai Karoanalis Baintelkam Polri.

Brigjen Rudy Sufahriady akan menggantikan posisi Irjen Murad Ismail sebagai Dankor Brimob. Murad sendiri akan menjadi Analis Kebijakan Brimob. Dirinya telah menyatakan diri untuk maju dalam Pilkada Maluku.

Nama-nama jenderal lainnya yang dimutasi, yakni Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol Safaruddin, dimutasi menjadi perwira tinggi Baintelkam dalam rangka pensiun. Safaruddin selama ini disebut-sebut akan maju dalam Pilkada Kalimantan Timur.

Dirinya digantikan oleh Irjen Pol Priyo Widyanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jambi. Sementara posisi Kapolda Jambi akan diisi oleh Brigjen Pol Muchlis yang sebelumnya ditugaskan di Bakamla.

Irjen Pol Anton Charliyan yang disebut-sebut akan maju dalam Pilkada Jawa Barat juga dimutasi menjadi Analisis Kebijakan Sespimti, Sespim Lemdiklat Polri. Jabatan Wakalemdiklat Polri yang sebelumnya dijabat Anton akan digantikan oleh Irjen Pol Sigit Sudarmanto.

Kepala Divisi Hukum Polri (Kadivkum) Irjen Raja Erizman diangkat menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur. Kapolda NTT saat ini Irjen Agung Sabar Santoso akan menggantikan posisi Kadivkum yang ditinggalkan Erizman.

"Bahwa mutasi adalah rangkaian tour of Duty, itu kan banyak kapolres maupun kapolda, tour of duty," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal, saat dihubungi.

Selain itu menurut Iqbal, hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti beberapa perwira Polri yang turun dalam kontestasi Pilkada 2018 ini.

"Kemudian, juga untuk menindaklanjuti beberapa perwira Polri yang turun dalam kontestasi Pilkada 2018 ini" kata Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal.

Masih dari surat telegram itu, Kabid Humas Polda Sulteng juga akan berganti. AKBP Drs Hari Suprapto MSi, selama ini sebagai juru bicara Polda Sulteng akan dimutasi dalam jabatan yang sama di Polda Jawa Barat.

Siapa  Brigjen I Ketut Argawa? Informasi yang diperoleh Metrosulawesi, I Ketut Argawa bukan orang baru di Polda Sulteng. Sumber menyebutkan, I Ketut Argawa adalah anggota Polri yang menjajaki karir dari bawah.  Sebelum ditarik ke Jakarta, beberapa waktu lalu, I Ketut Argawa bahkan sempat menduduki jabatan di Polda Sulteng sebagai Dir Intelkam (Direktur Intelijen dan Keamanan) di Polda Sulteng. 


Editor : Udin Salim