Monday, 28 May, 2018 - 03:27

Ruslan: Awasi Indikasi Pelanggaran

PELANTIKAN - Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah Ruslan Husen foto bersama dengan jajaran Panwaslu Morowali dan PPL tiap kecamatan se-Morowali usai pelalantikan. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Bungku, Metrosulawesi.com - 133 anggota Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) tiap kecamatan se-Kabupaten Morowali dilantik. Anggota PPL dilantik didampingi rohaniawan mengucapkan kata sumpah dihadapan peserta yang hadir.

Untuk lebih mengetahui wewenang dan kewajibannya, maka seluruh anggota PPL yang dilantik mengikuti Bimtek (Bimbingan Teknis). Anggota PPL disiapkan mengawasi, melaporkan temuan terjadinya pelanggaran tahapan penyelenggaaraan Pilkada Morowali.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah, Ruslan Husen mengatakan, khusus untuk anggota PPL, dianjurkan mengawasi soal pemutakhiran data pemilih dan anggota PPL harus dapat memastikan mengenai adanya terjadinya indikasi pelanggaran.

"Demikian pula tahapan kampanye calon, awasi dan pastikan apakah ada indikasi pelanggaran atau tidak," ujar Ruslan saat memberikan sambutan pada pelantikan anggota PPL, di gedung serba guna Bungku Tengah, Selasa 16 Januari 2018.

Menurutnya, saat kampanye pasangan calon beberapa hal sudah dindikasikan sebagai pelanggaran, satu diantaranya keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN), baik PNS, honorer instansi pemerintah larangan berpolitik berikut sanksi sudah diatur dalam undang-undang.

"Aparatur lain yang juga dilarang yakni kepala desa, perangkat pemerintah desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa). Mereka harus netral dalam penyelenggaraan Pilkada," ujarnya.

Menurut, dia jika dalam pelaksanaan kampannye tidak diperbolehkan ada seorang juru kampanye pasangan calon mempersoalkan UUD 1945 dan Pancasila atau sengaja mengumbar ujaran kebencian aturannya dilarang.

"Prinsipnya, tugas kita selaku pengawas memastikan seluruh tahapan kegiatan pesta demokrasi telah sesuai prosedur yang ditetapkan," ujarnya.

Untuk lingkaran Pemilu diketahui ada  tiga tim penyelenggara ada didalamnya yakni KPU, Pengawas Pemilu dan DKPP dan PPL merupakan bagian dari mitra atau sahabat dari Bawaslu melakukan tugas-tugas pengawasan.


Editor: Elwin