Wednesday, 20 June, 2018 - 17:12

Ruth Frisca Panjaitan, Guru SD yang Jago Storytelling

Ruth saat menunjukkan nominal hadiah yang didapatkan juara 1 lomba menulis dan membaca naskah.

Palu, Metrosulawesi.com - Menjadi seorang guru merupakan tugas yang mulia. Itulah yang ditunjukkan Ruth Frisca Panjaitan, Guru SD Balai Keselamatan Palu. Segudang prestasi lomba story telling telah diraihnya.

"Saya masuk guru SD sejak tahun 2010, waktu itu dipanggil untuk jadi guru honorer di TK Bala Keselamatan Palu, selain itu saya masih kuliah juga," kata Ruth di Palu, Jumat, 3 November 2017.

Pada Oktober 2017 lalu, Ruth berhasil meraih peringkat satu lomba menulis dan membaca cerita rakyat yang dilaksanakan oleh Balai Besar Bahasa Sulawesi Tengah, bekerja sama denga Radio Republik Indonesia (RRI).

"Pada Oktober kemarin, ada surat masuk ke kantor mengenai lomba menulis dan membaca cerita rakyat yang belum pernah dipublikasikan. Saya mau buat apa, saya kan orang batak, mana mengerti dengan cerita rakyat Sulawesi Tengah. Tapi saya tertarik untuk ikut lomba itu. Maka saya bawa pulang undangan itu, dan mendiskusikannya dengan suami. Suami bilang waktu itu, kenapa tidak ambil mengenai cerita Sungai Magila yang pernah menyebabkan banjir bandang di daerah Kulawi. Saya tanya balik ke suami, menariknya apa? Menariknya adalah sungai itu kecil, tapi bisa sebabkan banjir bandang" lanjut Ruth bercerita.

Ruth pun mengumpulkan berbagai informasi mengenai asal mula Sungai Magila. Ia menelepon kerabat-kerabat suaminya yang juga orang Kulawi. Akhirnya, walaupun informasi yang diperoleh terbatas, Ruth berhasil menyelesaikan naskah cerita rakyat Sungai Magila.

"Ternyata naskah saya masuk 20 besar. Yang 20 besar ini disuruh mempresentasikan langsung, Menceritakan naskah cerita yang sudah saya buat. Saya ingat, saya datang ketempat lomba pukul 07.00, tapi mulai tampil pukul 15.30 sore. Jadi memang mood nya sudah lain. Pas diumumkan pemenang, mulai dari juara 4 hingga juara 2, nama saya tidak disebut, suami sudah merangkul pundak saya. Saya berdoa saja. Saat juara satu disebut dari SD Bala Keselamatan, saya langsung melompat suka cita, waktu pulang saya nangis terharu," ujar wanita yang baru menikah ini.

Beberapa prestasi yang diraih Ruth sebagai guru SD diantaranya adalah juara 1 lomba story telling tingkat provinsi 2012 dan 2013. Juara 2 storytelling tingkat nasional 2013. Juara 1 lomba menulis dan membaca cerita rakyat tingkat provinsi 2017. Saat ini Ruth terdaftar sebagai guru SD di sekolah Bala keselamatan Palu.

Naskah legenda sungai Magila sendiri rencananya akan dibuat menjadi sebuah buku cerita rakyat daerah, asli Sulawesi Tengah.

“Harapan saya kedepan adalah karena Tuhan sudah kasih talenta seperti ini, kemampuan seperti ini, maka harus saya kembangkan lagi, khususnya di pelayanan anak-anak. Saya kan guru SD, maka saya harus maksimal di bidang itu," tutup Ruth.


Editor : M Yusuf Bj