Saturday, 18 August, 2018 - 19:59

Sabhara Polres Touna Rutinkan Patroli Malam

Tim Sabhara Polres Touna apel. (Foto: Ist)

Ampana, Metrosulawesi.com - Guna meminimalisir angka kriminalitas di Kabupaten Tojo Unauna, Satuan Sabhara Polres Touna menggiatkan patroli keliling kendaraan roda dua yang digelar tiap malam di wilayah Ampana dan sekitarnya.

Kasat Sabhara Polres Touna AKP Alfian Komaling mengatakan, patroli malam yang gelar oleh anggotanya itu diberi nama Tim Kelelawar.

"Operasi ini kami gelar setiap malam yang terdiri dari 10 anggota berpatroli dengan mengendarai sepeda motor trail raimas atau pengurai massa," kata mantan Kasat Lantas Polres Poso itu kepada Metro Sulawesi, Jumat 27 Juli 2018.

Patroli ini, sebut AKP Alfian merupakan bahagian dari tugas kepolisian dalam mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat. Makanya, untuk lebih mendekatkan pelayanan tersebut, timnya juga membuka layanan telepon satu kali dua puluh empat jam di nomor HP 085398478886.

"Sejak kami buka layanan telepon ini, tak sedikit masyarakat yang berada dalam situasi tidak aman atau darurat yang menghubungi kami," katanya.

Tak heran, sejak patroli malam ini digiatkan dalam enam bulan terakhir ini, sudah banyak masalah kriminal dan hukum yang terjadi dilapangan dapat di atasi tim kelelawar.

Seperti, kata AKP Alfian, saat melakukan operasi keliling pernah melakukan tangkap tangan pelaku pencurian hewan ternak. Lalu pernah juga, menangkap tangan pengguna narkoba.

"Kalau kita tangkap pelaku kriminal murni, maka kasusnya kami serahkan ke Reskrim, kalau Narkoba kami serahkan ke Satuan Narkoba untuk proses hukum selanjutnya," terangnya.

Bahkan, AKP Alfian menambahkan, pernah satu kali timnya melakukan patroli keliling. Saat melintasi jembatan Taman Hayyal, Ampana, berpapasan dengan pengendara sepeda motor yang tiba-tiba lari meninggalkan motornya di pinggir jalan.
 
"Saat itu motor kami amankan ke polres. Nah, pada saat di Periksa Sat Reskrim ternyata motor tersebut milik warga yang hilang, pencuri itu kemungkinan takut melihat patroli hingga meninggalkana motor curiannya," sebut pria yang baru enam bulan menjabat Kasat Sabhara Polres Touna itu.

Tambah AKP Alfian bahwa patroli keliling merupakan kegiatan rutin Sabhara yang ditingkatkan karena merupakan bagian dari pelayanan terhadap masyarakat, yang intinya membuat masyarakat Touna merasa aman dan nyaman. Sehingga tak heran bila tingkat kriminalitas di Ampana semakin hari semakin menurun.

"Pokoknya patroli tiap malam ini tidak ada batas waktu, malahan biasa kami lakukan hingga subuh," tutupnya.


Editor: Syamsu Rizal