Friday, 31 March, 2017 - 01:03

Sambut 3G, Talise Valangguni Gelar Penghijauan

Moh Iqbal. (Foto : Surahmanto S/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Lurah Talise Valangguni Moh. Iqbal mengatakan pihaknya akan menggelar pra Gerakan Gali Gasa (3G) Sabtu, 4 Maret 2017. Pada momentum tersebut, warga Talise Valangguni akan melakukan penghijauan dan gotongroyong membersihkan lingkungan.

“Kami akan mengajak masyarakat beserta RT, RW, Satgas K5, tokoh adat, tokoh masyarakat, padat karya dan PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) agar kegiatan pra gerakan gali gasa bisa melibatkan banyak pihak,” ungkapnya di Palu, Kamis, 2 Maret 2017.

Iqbal mengatakan penghijauan yang dilakukan pihaknya berupa penanaman pohon.

“Selain itu kami secara gotong royong membersihkan lingkungan Kelurahan Talise Valangguni yang berada di area perempatan traffic light Jalan Soekarno Hatta-Sisingamangaraja,” katanya.

Kata dia, pihaknya telah melakukan rapat persiapan kegiatan itu pada Rabu, 1 Maret 2017. Pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan Camat Mantikulore.

“Rencananya kegiatan akan dibuka langsung oleh Camat  Mantikulore Abdul Arief, tapi kami masih mencoba berkomunikasi ke pihak Wali Kota, jika diperkenankan, Pak Wali Kota membuka langsung kegiatan tersebut,” ungkapnya.

“Kita sedang tahap persiapan, saat ini kami sedang membuat surat untuk mengundang pihak-pihak terkait agar menyukseskan kegiatan ini. Kami terus melakukan kerja ekstra untuk suksesnya acara ini,” sambungnya.

Iqbal mengungkapkan sekitar 50 pohon yang akan ditanam pada penghijauan tersebut.

“Berdasarkan hasil lelang dengan masyarakat, pohon palem berjumlah sekitar belasan dan sisanya adalah pohon pucuk merah yang menjadi pilihan kami untuk ditanam. Kami memilih pohon tersebut karena akarnya tidak merusak trotoar jalan,” katanya.

Kata dia, pohon palem dan pohon pucuk merah tersebut akan ditanam di sekitaran Jalan Soekarno-Hatta dan sekitarnya.

“Upaya ini untuk memperindah Kelurahan Talise Valangguni, agar terlihat bersih dan asri,” katanya.
 
Iqbal mengungkapkan pihaknya juga berencana membangun taman mini sebagai ikon Kelurahan Talise Valangguni.

“Rencananya kami akan rapat Jumat, 3 Maret 2017, untuk memastikan jadwal pembuatan taman mini tersebut,” ungkapnya.

“Valangguni itu berarti pagar kuning yang terbuat dari bambu, sehingga kami akan menata taman yang berpagar kuning agar taman-taman mini ini bisa menjadi ikon Kelurahan Talise Valangguni,” katanya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.