Sunday, 24 September, 2017 - 16:48

Sampah di Kolong Jembatan Olonggata, Sungai Potensi Meluap

JOROK - Tumpukan sampah terjadi di kolong jembatan Olonggata yang bisa memicu air sungai meluap. (Foto : Ist)

Moutong, Metrosulawesi.com – Kolong jembatan Olonggata, Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong menjadi tempat pembuangan sampah warga sekitar.

‘’Bila itu dibiarkan berlanjut, tanpa penanganan pemerintah setempat, maka dapat berdampak terjadinya luapan air sungai karena tersumbat dengan adanya penumpukan sampah,’’ ungkap Astika, warga Moutong kepada Metrosulawesi via telefon, Jumat 16 Juni 2017.

Astika mengaku cukup prihatin dengan kondisi sampah yang menumpuk di kolom jembatan jembatan perbatasan desa Olonggata dan Moutong Timur.

‘’Tumpukan sampah sepanjang jalan, di bawah jembatan perbatasan desa Olonggata dan Moutong Timur. Kondisi tersebut merusak pemandangan dan pencemaran lingkungan. Karena, di bawah jembatan terdapat aliran sungai yang mengalir ke muara laut dan itu dapat merusak ekosistem laut, dan dampaknya bisa terjadi luapan air sungai yang berakibat terjadinya banjir, dan kalau ini yang terjadi, maka yang rugi adalah warga setempat,’’ terang Astika.

Disebutkan, dengan terjadi penumpukan sampah dari berbagai jenis,  baik sampah organik dan non organik dikarenakan wilayah  tersebut masih sangat kurang penduduknya, sehingga dengan mudah masyarakat membuang sampah tampa ada pengawasan secara khusus dari warga setempat.

‘’Tumpukan sampah di lokasi itu karena minimnya kesadaran masyarakat. Tak sedikit warga dari lingkungan lain yang sengaja membuang sampah di tempat tersebut. Itu yang buang sampah dari mana-mana. Jadi, kadang orang lewat malam-malam sengaja cuma buat buang sampah," katanya.

Seharusnya, katanya, pemerintah melalui dinas terkait pun tak tutup mata dan mencari solusi dengan menyediakan bak sampah. Sebab selain mengganggu kenyamanan warga, tumpukan sampah menjadi pemandangan yang tak sedap dipandang mata.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.