Tuesday, 21 November, 2017 - 07:13

Satlantas Sigi Cetak 3.635 SIM

Proses pembuatan SIM di kantor Satlantas Polres Sigi. (Foto : Awaludin/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sigi baru hampir setahun membuka pelayanan pembuatan maupun perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), namun hingga kini pihaknya telah melayani serta mencetak sebanyak 3.635 kartu SIM.

Hal itu dibenarkan Kasatlantas Polres Sigi, Iptu I Made Muliarsana. Berdasarkan data, dari 3.635 kartu SIM yang telah dicetak itu, mayoritas adalah SIM C diperuntukkan pengendara motor atau roda dua, yakni berkisar 75 persen. Sementara 24 persen adalah SIM A untuk pengendara roda empat atau mobil dan satu persen SIM B1 untuk pengendara roda enam ke atas atau truk.

“Selama ini memang dimana-mana dominan SIM C yang dicetak, begitu pula di Polres Sigi,” tutur Iptu Made.

Menurutnya, jumlah kartu SIM itu tergolong banyak dimana membuktikan bahwa masyarakat Sigi mulai menyadari pentingnya memiliki SIM.

“Apalagi kami memberikan pelayanan yang prima dengan sarana serta fasilitas memadai. Kami berusaha membuat masyarakat senyaman mungkin ketika mengurus SIM. Hal itu dibuktikan setiap hari selalu ada masyarakat mengantri mengurus SIM,” jelasnya.

Salah satu pelayanan yang diberikan Polres Sigi dalam pembuatan SIM yakni masyarakat pendatang dari luar Sigi masih bisa mengurus SIM selagi mempunyai surat keterangan domisili yang artinya sudah menetap di Sigi.

“Saat ini kami memang belum melayani secara online, sehingga KTP dari luar masih bisa dilayani asalkan e-KTP yang berlaku nasional. Itupun harus membawa surat keterangan domisili dari desa setempat. Kami beri kemudahan tapi tetap sesuai prosedur yang berlaku. Masyarakat pun harus mengikuti tes uji teori maupun praktik,” sambungnya.

Iptu Made menambahkan, pihaknya juga rutin melakukan razia kendaraan bermotor, dimana pengendara yang belum memiliki SIM yang berdomisili di Sigi direkomendasikan untuk mengurus SIM.

“Saya berharap ke depan masyarakat Sigi yang sudah cukup umur harus sudah memiliki SIM,” tutupnya.


Editor : Masruhim Parukkai

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.