Saturday, 18 August, 2018 - 19:55

SD Inpres Palupi Wakili Sulteng Lomba Gudep Unggul di Malang

LATIHAN - Sejumlah siswa SD Inpres Palupi saat latihan di sekolahnya, belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Sebanyak 16 siswa SD Inpres Palupi wakili Sulawesi Tengah mengikuti lomba gugus depan unggul dan penggalang ceria di Kota Malang selama enam hari, 6-12 Agustus 2018.

SD Inpres Palupi ditunjuk mewakili Sulawesi Tengah setelah sebelumnya mengungguli sejumlah sekolah yang ada di Sulawesi Tengah yang sempat masuk nominasi, termasuk SDN 2 Bantaya, Kabupaten Parigi, SDN Donggala, dan SDN 22 Palu. 

“Sebenarnya semuanya bagus, namun kami yeng beruntung, SD Inpres Palupi terpilih karena lebih unggul dari fortopolio,”ungkap Pembina Gugus Depan SD Inpres Palupi, Nur Indah belum lama ini.

Kata dia, para siswa SD Inpres Palupi nantinya akan mengikuti 15 cabang yang dilombakan, dengan harapan bisa masuk tiga besar, karena potensi siswa cukup baik. 

“Di sejumlah ajang kompetisi kegiatan pramuka baik di tingkat lokal maupun nasional, para siswa ini  pernah tampil dan berhasil meraih juara umum, termasuk di Cibubur, Jawa Barat pada 2016 lalu,” katanya.

“Alhamdulillah persiapan kami sudah sangat maksimal, anak-anak hampir setiap hari kami latih. Apa lagi saat mendekati keberangkatan ini, tentu latihan lebih intens, dengan tetap mempertimbangkan kemampuan fisik anak-anak,” kata Nur Indah.

Di tempat yang sama, Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Yabidi menambahkan, selain ke-16 Siswa SD Inpres Palupi yang berangkat, juga akan didampingi oleh Mabigus (kepala sekolah), pendamping putra dan pendamping putri, Kepala UPTD Palu Selatan, Ambotuo dan dirinya. 

“Hal ini bertujuan agar anak-anak dapat terkonrol dengan baik selama di sana, mengingat para peserta tersebut adalah anak-anak sekolah tingkat dasar. Kehadiran kami ini bisa memompa semangat tanding para peserta,” ujarnya. 

Setidaknya kata Yabidi, para siswa merasa diperhatikan. 

“Sehingga semangat tanding mereka tetap terpelihara, dan juga mentalnya terjamin dengan baik,” katanya. 

 

Editor: M Yusuf Bj