Thursday, 20 September, 2018 - 03:24

Sehari, Ratusan Kapal Nelayan Berlabuh di Pelabuhan Ogotua

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Aktivitas nelayan yang melakukan bongkar muat hasil laut berupa tangkapan berbagai jenis ikan di pelabuhan Ogotua Kecamatan Dampal Utara tampak ramai.

Sekitar ratusan kapal nelayan yang setiap harinya memasok ikan ke pelabuhan ini, menjadi pemasok ikan berbagai kota selain Palu ada juga sampai ke Kalimantan.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tolitoli, Ir Gusman Magangka, Tolitoli merupakan salah satu pemasok ikan berskala nasional. Namun, penerimaan dari sektor perikanan belum berimbang dengan kapasitas produksi ikan yang ada.

“Sekitar 60 ribu ton ikan hasil tangkapan merupakan salah potensi pendapatan yang sangat besar,” ungkapnya.

Pantauan Metrosulawesi belum lama ini terlihat beberapa kapal yang merapat dan menjual hasil mereka. Sementara tujuh unit mobil pikap lalu lalang mengangkut ikan. Diperkirakan kapasitas ikan tangkapan nelayan sampai omzet Rp 20 juta.

“Kalau sekarang jenis ikan malalugis (lajang batang) dan cakalang (tongkol) yang naik,” kata seorang buruh nelayan di pelabuhan itu.

Setiap mobil pikap mampu mengangkut 20 boks ikan, berarti setiap mobil satu kali jalan omzetnya Rp 20 juta. Aktivitas di pelabuhan perikanan ogotua, Tolitoli merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Sulawesi Tengah.

“Adapun jenis ikan malalugis, merupakan salah satu ikan primadona yang dipasok ke beberapa kota di Kalimantan Timur dan Selatan,” ujar nelayan di Ogotua.


Editor: Syamsu Rizal