Monday, 23 July, 2018 - 19:25

Sejak SMP Terbaik, Lanjut Kuliah Kedokteran

LULUS TERBAIK - Liani Amelia Chandra. (Foto: Ist)

Liani Amelia Chandra, Siswa SMAN 1 Palu Juara Satu UNBK

Liani Amelia Chandra kelas XII IPA 1 peringkat satu dengan memperoleh nilai mencapai 83.00 pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Palu, pencapaian itu diumumkan pada pengumuman kelulusan, Kamis, 3 Mei 2018.

LIONARD Chandra SE ayah dari Liani mengaku tidak kaget dengan prestasi putrinya itu. Dia menganggap adalah hal yang wajar jika Liani meraih juara pertama di SMA Negeri 1 Palu, karena memang selama ini Liani selalu mendapat prestasi.

“Selama ini Liani cukup berprestasi dari beberapa lomba yang diikutinya. Misalnya, pada mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika serta Sejarah, selain itu juga anak saya pernah mengikuti lomba nasional di Bengkulu pada 2017, serta pernah mengikuti lomba di Manado mendapatkan juara satu,” kata Lionard usai menerima piagam penghargaan Liani di SMAN 1 Palu.

Kata Lionard, memang sejak SMP Liani telah berpretasi dengan meraih nilai Matematika 100 se-Sulteng.
Ditanya kemana Liani melanjutkan studi setelah lulus SMA, Lionard mengatakan, akan memberikan kesempatan putrinya untuk melanjutkan kuliah di fakultas kedokteran.

“Rencananya Liani akan melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Pajajaran Bandung,” jawabnya.

Lionard berharap semoga Liani bisa berguna bagi bangsa dan negara.

Tertarik Kain Tenun

Sebelumnya, Liani Amelia Chandra, siswi SMA Negeri 1 Palu dengan segudang prestasi ini mengaku selalu tertarik menggunakan kain tenun bomba dalam ragam acara yang dihadirinya. Menurutnya, motif tenun bomba terbilang unik jika dikenakan sebagai pakaian resmi maupun casual.

“Jika dulu batik yang digunakan modelnya lebih monoton, tetapi zaman sekarang, tenun bomba kita bisa dipadu padakan sehingga terlihat lebih modern dan modis,” kata Liani saat ditemui metrosulawesi di sekolahnya.

Liani mencontoh motif kebaya batik modern yang dikenakan saat acara perpisahan siswa SMAN 1 Palu.

“Jadi kaka kelas yang sudah lulus itu menjadikan batik tampak modern, sehingga terkesan elengan dan tidak membosankan,” ungkapnya.

Liani Amelia yang memiliki hobi baca buku ini menorehkan beberapa prestasi yang cukup mumpuni di berbagai bidang, diantaranya pernah mengikuti lomba fisika, kompetisi sains, Olimpiade Kepahlawanan Sejarah 2017, Lawatan Sejarah Nasional di Bengkulu, Lawatan Sejarah Daerah di Gorontalo, serta debat Bahasa Inggris dan Indonesia.

“Untuk menggeluti tren fashion atau hunting foto, saya belum pernah, karena saya lebih mengutamakan akademik dulu. Saya pernah ditawarkan ikut Duta Batik, Duta Sutan Raja, Coco Cici, namun saya belum tertarik. Kedepannya saya masih fokus belajar, karena saya sudah kelas XII (III), untuk persiapan menuju kelas ujian,” ujarnya.  


Editor: Udin Salim