Saturday, 25 February, 2017 - 21:55

Sejumlah Nama Cawagub Sulteng Mengemuka di Sekber Gerindra

ILUSTRASI - Keputusan soal calon pengganti Wagub berada di tangan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola. (Grafis : Dok Metrosulawesi)

Tergantung Gubernur

Palu, Metrosulawesi.com - Pergantian wakil Gubernur Sulteng semakin menarik perhatian berbagai kalangan. Ini tercermin munculnya beberapa nama, baik kalangan birokrat, akademisi maupun politisi. Yang menarik adalah munculnya nama Prof DR Ir Basir Cyio, SE, MS – Rektor Untad Palu – dinilai figur akademisi yang laik diperhitungkan masuk dalam bursa calon Wagub Sulteng.

Sebelumnya tiga nama yang diprediksi cukup kuat menggantikan Sudarto, yakni Drs Hidayat Lamakarate, MS (birokrat), Ma’mun Amin (politisi unsur wilayah Timur), dan Drs H Anwar Hafid (Politisi—Bupati Morowali). Namun dalam perkembangan terakhir di Sekber Koalisi pendukung Longkis’s, dua nama terakhir mulai tenggelam, sementara Hidayat – yang pernah dinilai sukses mengawal Banggai Laut sebagai pejabat bupati, dan pejabat Walikota Palu tetap mendapat catatan khusus sebagai kader muda yang berprestasi dan laik mendampingi Longki untuk masa lima tahun kedepan.

Selain Hidayat tetap mengemuka, menyusul terorbitnya nama Basir Cyio, sebagai figur akademisi yang masuk nominasi, karena dinilai cukup berprestasi dan sukses memimpin Untad Palu, sehingga pemikiran dan kemampuan intelektualnya sangat dibutuhkan untuk  memajukan Sulteng, mengingat dari berbagai pengalaman di berbagai daerah yang dipimpin kalangan akademisi rata-rata sukses dan berhasil. Kabupaten Bantaeng misalnya,  yang semula daerah tersebut daerah tandus dan tak populer, kini berubah menjadi daerah yang makin mendunia dan populer dan makin dilirik dunia bahkan menjadi percontohan daerah-daerah tertinggal.

Selain nama Basir Cyio yang muncul belakangan, nama Prof, DR Patta Tope yang juga dari kalangan akademisi – birokrat karena saat ini menjabat sebagai Ketua Bappeda Sulteng, serta nama Samsurizal Tombolotutu – dari kalangan purnawirawan yang saat ini menjabat Bupati Parigi Moutong – mantan pasangan Longki di Parimo.

Masih dari Sekber Koalisi pendukung Longki’s, nama Dr. Supratman Andi Attas, SH, MH yang merupakan kader Gerindra dan saat ini duduk di Senayan.

Jurubicara Sekber Gerindra di Jalan Juanda Palu, Azhar Syukur yang dimintai komentarnya, tak membantah adanya sejumlah nama yang mulai digulirkan dalam bursa calon Wagub Sulteng.

‘’Memang beberapa nama  tersebut sudah diwacanakan, namun semuanya tergantung pada keputusan Gubernur selaku pemakai,’’ terangnya.

Sementara PPP Sulteng sebagai salah satu partai pengusung, sampai saat ini belum memberikan sikap. Ketua DPW PPP Sulteng, Drs H Asgar Ali Djuhaepa yang saat ini berada di Jakarta saat dihubungi via telefon belum memberikan sikap politik, sedang Sekretaris Dewan Sura PKB Sulteng, Amin Tahir menyatakan akan segera melakukan konsolidasi.

‘’Insya Allah secepatnya kita akan lakukan konsolidasi internal partai, untuk kemudian dibicarakan ditingkat koalisi partai pendukung, yang selanjutnya dibawa ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi, dan meski demikian finalnya ada ditangan Gubernur,’’ jelas Amin.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan