Sunday, 22 July, 2018 - 22:36

Seleksi Petugas Haji Dimulai

Lutfi Yunus. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Seleksi petugas jamaah haji tahun 2018 akan digelar Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng. Pelaksanaan seleksi petugas yang akan menyertai jamaah haji tahun 2018 M/1439 H itu dimulai pada Kamis, 29 Maret 2018 pada tingkat kabupaten kota.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulteng, Lutfi Yunus mengungkapkan, seleksi tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dan digelar di beberapa lokasi yang telah ditentukan oleh masing-masing Kantor Kemenag kabupaten dan kota serta Kanwil Kemenag.

“Sebelum dilaksanakan seleksi petugas yang menyertai perjalanan haji ini, pada tanggal 20-25 April 2018 sudah dilaksanakan seleksi berkas para calon,” kata Lutfi di ruang kerjanya, Rabu, 28 Maret 2018.

Sebanyak 11 peserta yang mengikuti seleksi yang digelar di Kanwil Kemenag Sulteng, untuk Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) 2 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 2 orang, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Layanan Umum 6 orang, dan PPIH Arab Saudi Layanan Ibadah 1 orang.

Sedangkan pada masing-masing kabupaten dan kota di Sulteng diikuti oleh 10 orang peserta seleksi. Dari hasil seleksi di tingkat kabupaten dan kota, akan direkomendasikan tiga orang, masing-masing 1 orang TPHI, 1 orang TPIHI, dan 1 orang PPIH Arab Saudi untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi pada 12 April 2018.

Dari seleksi tersebut nantinya, akan direkrut lima orang ketua kloter, yakni lima orang TPIHI dan masing-masing satu orang PPIH Arab Saudi layanan umum dan PPIH Arab Saudi layanan ibadah. 

Untuk seleksi petugas pembimbing ibadah, kata Lutfi, diberikan peluang kepada ormas-ormas Islam, pondok pesantren serta perguruan tinggi untuk merekomendasikan perwakilannya mengikuti seleksi. 

“Itu diserahkan ke masing-masing lembaga untuk mengutus,” kata Lutfi.    

 

Editor: M Yusuf Bj