Thursday, 16 August, 2018 - 20:07

Senator Harap Liga Pelajar Lahirkan Pemain Berbakat

Delis Julkarson Hehi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Senator DPD RI dari Sulawesi Tengah Delis Julkarson Hehi mengharapkan program pembinaan olahraga  melalui Liga Pelajar Sepak Bola U-14 bisa melahirkan pemain berbakat. Program tahunan Kemenpora yang akan kembali digulir mulai 7 hingga 14 Agustus 2018 di Palu, ini dinilai cukup positif dalam mengembangkan potensi pemain-pemain muda potensial termasuk di Sulawesi Tengah.

Ketua Komite III DPD/MPR RI ini menegaskan, program pembinaan sepak bola secara berjenjang dari kemenpora patut didukung karena telah memberi pengaruh positif terhadap perkembangan sepak bola di tanah air. Terbukti, kualitas sepak bolah usia muda Indonesia akhir-akhir ini mengalami kemajuan pesat. Termasuk di Sulawesi Tengah yang telah melahirkan pemain sepak bola berbakat yang kini memperkuat tim nasional. Ia mencontohkan, pesepak bola muda asal Kota Palu, Witan Sulaeman yang kini menjadi salah satu andalan timnas U-19.

‘’Jadi pembinaan melalui usia dini terbukti positif bisa melahirkan pemain-pemain muda potensial termasuk dari Sulawesi Tengah,’’ jelasnya, Minggu 5 Agustus 2018.

Lebih jauh Delis yang komitenya secara langsung membidangi pemuda dan olahraga ini  optimis melalui liga pelajar yang akan bergulir mulai Selasa, 7 Agustus 2018 di Lapangan Sepak Bola Abadi Talise Kota Palu ini, bisa melahirkan pemain muda berbakat. Diakui, Sulawesi Tengah yang memiliki 13 kabupaten dan kota banyak menyimpan pemain muda.

Hanya memang selama ini belum digali dan dikembangkan secara maksimal. Untuk itu, ia menginginkan pemerintah daerah di tingkat provinsi dan kabupaten untuk mendukung penuh pengembangan sepak bola usia muda tersebut.

Ia pun mengharapkan tim menjadi juara di tingkat Sulawesi Tengah nantinya betul-betul merupakan tim terbaik dan bisa diandalkan. Dalam liga tahun ini, Kemenpora tidak hanya menggulirkan usia 14 tahun tapi juga usia 16 tahun. Partai puncak dari liga pelajar ini akan dilangsungkan di Bali sekaligus memperebutkan  Piala Menpora.

“Kita harap melalui liga ini Sulteng bisa ikut berkompetisi dengan baik dan memberikan hasil yang membanggakan,” pungkasnya.