Thursday, 23 November, 2017 - 06:12

Sidang Narkoba 4,5 Kg Hadirkan Tiga Polisi

Palu, Metrosulawesi.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU) hadirkan tiga anggota Polda Sulteng dalam persidangan terkait perkara Narkoba yang mendakwa oknum anggota Polsek Palu Barat, Syamsul Rizal. Adalah saksi Lukman, saksi Andri Iksan dan saksi Irwanto. Pasalnya, tiga anggota Polda Sulteng yang dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan tersebut yang menangkap terdakwa di salah satu hotel di Kota Palu.

Majelis Hakim Ketua, Lilik Sugihartono yang didampingi Dede Halim dan Agus masing-masing Hakim Anggota memberikan kesempatan kepada JPU dan Kuasa Hukum terdakwa untuk menanyakan kepada tiga saksi tersebut.

Jaksa pun minta kepada ketiga saksi untuk menjelaskan kronologis penangkapan terhadap terdakwa Syamsul Rizal dan terdakwa Ilham. Saksi Lukman menjelaskan, bahwa penangkapan itu terjadi berawal dari informasi masyarakat. Menyikapi informasi tersebut, kami langsung menuju lokasi dan mengepung lokasi yang dimaksud. Alhasil, kami langsung bertemu dengan Syamsul Rizal di lantai bawah yang hendak keluar dari hotel. Saat itulah langsung menangkap Syamsul Rizal dan menggeledah tas yang dibawahnya. Di tas tersebut, kami menemukan barang bukti berupa enam paket narkoba jenis sabu. Mendengar ada suara satunya ada di lantai lima hotel tersebut, kami pun langsung naik dan mendapatkan Ilham melompat dari lantai lima.

Saat itu, Syamsul Rizal mengakui, dirinya diperintahkan oleh Haji Opan untuk mengambil barang ini. Olehnya, penyidik sempat ketemu dengan Haji Opan di Lembaga Pemasyarakatan (LP), tetapi Haji Opan tidak mengaku. Sedangkan, Ilham diperintahkan oleh seseorang untuk mengantarkan barang itu di salah satu hotel di Kota Palu. Setelah kedua terdakwa ditangkap saat itu pula langsung dibawa ke Mapolda Sulteng untuk menindaki lebih lanjut.

Setelah mendengar keterangan ketiga saksi tersebut sidang ditutup dan akan dilanjutkan pekan depan.

Diketahui, bahwa JPU dalam dakwaannya menyebutkan bahwa terdakwa Syamsul Rizal bersama terdakwa Ilham dibekuk oleh tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulteng pada Selasa, 24 Januari 2017 di salah satu hotel di Kota Palu. Bahwasannya, petugas berhasil mengamankan barang bukti dari terdakwa Syamsul Rizal berupa narkotika jenis sabu seberat 4,5 kilogram, uang senilai Rp 160 ribu, dua unit ponsel, satu buah tas ransel, satu buah badik, 5 buah kartu ATM dan satu unit sepeda motor. Sedangkan barang bukti dari terdakwa Ilham berupa dua unit ponsel dan uang senilai Rp 430 ribu.

Kedua terdakwa itu didakwa dengan dakwaan kesatu diancam pidana pasal Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang pemberantasan tindak pidana Narkotika. Kemudian dakwaan kedua diancam pidana dalam Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang pemberantasan tindak pidana Narkotika.

Berita ini dimuat di Harian Metrosulawesi Edisi No 893 Thn III / 08 Juli 2017. Telusuri seluruh berita Edisi ini di Metrosulawesi Digital

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.