Friday, 15 December, 2017 - 22:10

Sigi Akan Tertibkan Rute Angkutan

Zakir. (Foto : Metrosulawesi/Moh Yayan Lamasuku)

Sigi, Metrosulawesi.com – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sigi, akan mulai menertibkan angkutan perkotaan yang masuk ke wilayah Kabupeten Sigi. Angkutan perkotaan hanya bisa mengantar penumpang sampai di Terminal Tambuli Sigi. Peraturan itu mulai diterapkan pada 21 Januari 2016.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sigi Zakir mengatakan, pihaknya akan menertibkan seluruh kendaraan umum yang melintasi wilayah Sigi.

“Kami akan menertibkan kendaraan yang melintasi wilayah Sigi, dan akan memberikan batas untuk mengantar penumpang sampai batas Terminal Tambuli saja. Nanti kendaran angkutan pedesaan yang akan mengatar penumpang tersebut ke tujuannya," kata Zakir, Kamis (14/1/2016).

Zakir menegaskan, seluruh kendaraan penumpang  yang selama ini hanya melintasi terminal Tambuli akan dicatat oleh petugas diterminal lalu akan diarahkan semua angkutan masuk ke terminal.

“Jadi mulai tanggal 21  Januari  kita akan tertibkan semua kendaraan angkutan, baik perkotaan ataupun pedesaan, semua harus masuk diterminal," tegasnya.

Ketentuan lain kata Zakir, angkutan kota  hanya bisa beroperasi sebatas Terminal Tambuli, tidak boleh beroeprasi di desa.

“Jika misalnya ada supir angkutan yang berdomisili di Sigi, maka pintu mobilnya wajib di tutup agar tidak bisa mengambil penumpang karena bukan rute trayeknya,” tuturnya.

Rute sudah sesuai dengan ketentuanya, cukup batas terminal. Adapun misalnya jam istirahat angkutan berdomisili di Sigi. Maka akan ada petugas terminal yang mencatat.

“Semua kendaraan bongkar muatanya diterminal ini pasti ada problem. Biasa Itu masyarakat mengatakan, saya hanya dekat disini, namun sampai kapan pun Sigi ini tidak akan mungkin dapat berubah, dan apapun tantangan kita hadapi. Kalau kita tidak berubah dari awal seterusnya akan terus begini," tuturnya.

Sementara itu, terkait belum di operasikannya Terminal Tambuli selama ini karena permintaan dari para supir angkutan. Kata Zakir, kendala belum dibukanya kendaraan beroperasi di Terminal Tambuli selama ini, karena jalan menuju terminal rusak. Setelah tahun ini sudah diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum sehingga dapat dibuka kembali.


Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.