Sunday, 22 July, 2018 - 22:25

Sigi Terbaik III Penyusunan Renja

PENGHARGAAN - Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, bersama kepala daerah lain di Sulteng, menerima penghargaan penyusunan rencana kerja 2019. (Foto: Humas Sigi)

Sigi, Metrosulawesi.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, menerima penghargaan terbaik Ke-III, dalam penyusunan rencana kerja (Renja) Pembangunan Daerah 2018.

Penghargaan kategori perencanaan dan pencapaian itu diterima Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapatta SSos MSi, saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sulawesi Tengah, yang dibuka secara resmi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang PS Brodjonegoro, di salah satu hotel di Palu.

Bupati Sigi, mengatakan bersyukur telah menerima penghargaan ke-III kategori perencanaan dan penelitian itu. Karena, penyelenggaraan Musrenbang 2018 menitikberatkan aspek mempertajam tujuan dan sasaran yang akan dicapai, memperjelas kriteria penetapan prioritas program dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Tujuan Musrenbang untuk penajaman, penyelarasan, dan kesepakatan terhadap usulan program kegitan prioritas pembangunan daerah. Kemudian soal penghargaan itu dinomorduakan dulu, yang penting bagaimana mengawal program yang lebih baik,” ungkapnya.

Bupati Irwan Lapatta menambahkan, sinkronisasi rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019, antar lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah, sinkronisasikan usulan rencana program kegiatan dibiayai dari APBD Sigi, ABPD Provinsi Sulteng, dan APBN 2019, dipandang perlu untuk disinergikan.

Olehnya, kata dia, melalui Musrenbang 2018 ini dapat menjadi perhatian bersama dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah. Sehingga mencermati usulan program dan kegiatan yang akan dibiayai APBD Provinsi Sulteng, yang telah diusulkan  Pemda Sigi tidak lagi dibiayai APBD Sigi.

“Melalui Musrenbang tingkat Provinsi Sulteng 2018 diharapkan mampu mengatasi berbagai persoalan di Sigi nantinya,” terangnya.

 
Editor: Syamsu Rizal