Wednesday, 20 June, 2018 - 17:04

Siswa Al Azhar Gali Informasi Jurnalistik di Metro Sulawesi

KUNJUNGAN - Delapan siswa baru SMA Al Azhar saat mengunjungi Metro Sulawesi, yang diterima langsung Pimred Metro Sulawesi Udin Salim, Selasa, 5 Juni 2018. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sebanyak delapan siswa baru SMA Al Azhar Mandiri Palu mengunjungi kantor pusat Metro Sulawesi, Jalan Sisingamangaraja Palu, Selasa, 5 Juni 2018. Kunjungan tersebut dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Rombongan siswa baru SMA Al Azhar Mandiri Palu diterima langsung Pimpinan Redaksi Metro Sulawesi, Udin Salim.

Salah satu siswa, Dinati Widhyastuti mengaku sangat senang mengunjungi Metro Sulawesi, karena dapat mengetahui tentang cara media cetak menerbitkan berita dan mengambil atau mencari berita untuk diterbitkan di media tersebut.

“Saya sangat banyak mendapatkan ilmu tentang Jurnalistik dari Pimred Metro Sulawesi Pak Udin Salim,” kata Dinati usai mengunjungi Metro Sulawesi, Selasa, 5 Juni 2018.

Dinati memberikan pesan kepada Metro Sulawesi, agar tetap menampilkan berita-berita yang bermutu dan berkualitas, serta menyajikan berita menarik untuk para remaja.

Sementara Ketua Kelompok, Aaron Larinanto mengaku sangat berkesan mengujungi Metro Sulawesi, karena kantornya bagus, kemudian penyambutannya sangat baik, karena Pimrednya yang sangat ramah. 

Ketua OSIS SMA Al Azhar Mandiri Palu, Rahmat mengatakan tahun ini sebanyak 182 siswa mengikuti MPLS, yang terdiri dari 180 siswa baru dan dua siswa yang tahun kemarin tidak sempat ikut MPLS, sehingga diikutkan kembali tahun ini.

“Dalam MPLS para siswa diberikan pembekalan materi. Di hari pertama Kepala Sekolah dan Wakil Kepsek memberikan materi soal sejarah sekolah dan perbedaan SMA Al Azhar dengan sekolah lainnya dan beberapa materi lainnya. Sementara di hari kedua, para siswa dituntun ke sejumlah instansi luar sekolah untuk mewawancarai para pimpinan instansi tersebut. Hasil wawancara itu akan dipresentasikan melalui power poin,” jelasnya.
 
Rahmat mengatakan ada 24 instansi yang dikunjungi oleh siswa baru SMA Al Azhar Palu, dalam rangka melatih mental siswa melalui wawancara, diantaranya Lapas Petobo, Perpustakaan Daerah, BPJS Ketenagakarjaan, BPJS Kesehatan, Radio, serta Media Cetak dan Elektronik.

“MPLS SMA Al Azhar Palu digelar selama tiga hari, yang dimulai Senin-Rabu,  4-6 Juni 2018. Di hari terakhir besok (hari ini-red), ada materi yang diberikan tentang pengenalan aturan sekolah, serta materi kepemimpinan dari tokoh masyarakat yang ada di daerah Kota Palu, dan evaluasi dari panitia MPLS,” ujarnya.
 
Rahmat mengatakan MPLS di SMA Al Azhar wajib diikuti oleh seluruh siswa. Olehnya itu, bagi siswa yang tidak sempat ikut MPLS, tahun depan harus mengikutinya lagi, karena ini program khusus dari sekolah untuk membentuk mental dan karakter siswa. 


Editor: M Yusuf Bj