Tuesday, 27 June, 2017 - 21:58

Siswa Asal Lauje Juara Mendongeng, Sisihkan Ribuan Peserta Lain

JUARA MENDONGENG - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,Muhadjir Effendy menyerahkan penghargaan beru kepada Moh Abdilah, siswa berprestasi dibidang sastra dongeng dari Kabupaten Parigi Moutong pada peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 di Jakarta, Selasa 2 Mei 2017. (Foto : Ist/ Humas Pemkab Parimo)

Parimo, Metrosulawesi.com - Bangga, gembira, haru dan entah perasaan apa lagi yang menyelimuti Moh Abdillah saat menerima penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2017 di Jakarta, Selasa 2 Mei. Siswa SDN Lombok Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong itu meraih penghargaan atas prestasinya di bidang dongeng dan puisi.

Abdillah menyisihkan ribuan anak di Indonesia yang ikut dalam seleksi siswa berprestasi di wilayah tertinggal terdepan dan terluar (3T) yang merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dalam program tersebut, hanya enam anak yang terpilih seluruh Indonesia, salah satunya adalah Abdillah dari Suku Lauje desa Lombok Kecamatan Tinombo.

Prestasi yang dicapai Abdillah tak datang begitu saja. Pada tahun 2011, ia pernah meraih juara 1 baca puisi kemerdekaan tingkat Kabupaten Parigi Moutong, Juara 1 lomba dongeng tingkat Kabupaten Parigi Moutong tahun 2013 dan Juara pidato tingkat SD tahun 2015.

Prestasi itu kemudian mengantarkan Putra pasangan Ayudin dan Wirdaningsi ini tampil mendongeng di hadapan Wakil Presiden RI Budiono pada hari Nusantara tahun 2013 di Palu. Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Parigi Moutong F Eni Susilowati, SE, MM mengaku bangga atas prestasi yang dicapai Abdillah.

Ia berharap apa yang telah diraih Abdillah itu dapat memotivasi anak-anak lainnya di Kabupaten Parigi Moutong untuk berprestasi dibidangnya.

“Semoga prestasi yang dicapai Abdillah ini dapat menjadi motivasi buat seluruh siswa SD di Kabupaten Parigi Moutong, untuk lebih maju dan berprestasi di kanca nasional,”ujar Eni melalui sambungan telpon, Rabu 3 Mei.

Hanya beberapa menit setelah Abdillah menerima penghargaan dari Menteri Pendidikan, ia  langsung kebanjiran ucapan dari para pejabat di Kabupaten Parigi Moutong. Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu terlihat ikut menyampaikan selamat kepada Abdillah melalui media sosial.

“Selamat kepada ananda Abdillah, bangga dan terharu atas prestasimu, prestasi Parigi Moutong,” tulis Samsurizal melalui media Whatsapp Grup Parigata.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong, H Ardi Kadir SPd, MM juga ikut memberikan ucapan melalui Grup Whatsapp Parigata.

“Sukses buat siswa Moh Abdillah. Tingkatkan terus bakatnya untuk meraih yang lebih baik. Semoga bidang dan bakat yang lainnya bisa ikut memberikan yang terbaik buat Parigi Moutong, amin,“ tulis mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Parigi Moutong itu.

Staf Ahli Bupati, Irfan Maraila juga ikut merespon keberhasilan Abdillah. Menurutnya, ananda Abdillah merupakan anak dari pelosok negeri, hidup di kaki gunung dengan segala keterbatasan, namun mampu mengangkat nama Kabupaten Parigi Moutong di kanca nasional.

“Ini bukti bahwa kualitas pendidikan di Kabupaten Parigi Moutong bisa diandalkan, selamat buat Abdillah,” ujarnya. (rls)

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.