Sunday, 22 July, 2018 - 22:20

Siswa SMPN 19 Palu Diwajibkan Membaca Selama 15 Menit

LITERASI - Siswa-siswi SMPN 19 Palu saat mengikuti literasi membaca yang dilakukan tiap Kamis di halaman sekolah tersebut, Kamis, 29 Maret 2018. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala SMP Negeri 19 Palu, Ilman Usman mengatakan sesuai amanah Permendiknas Nomor 23 Tahun 2015 siswa diwajibkan membaca 15 menit sebelum melakukan aktifitas belajar di sekolah. Namun menurutnya, kewajiban membaca itu bukan hanya bagi murid, tetapi guru juga didorong untuk gemar membaca. 

“Untuk lingkup kami di SMPN 19 Palu semua siswa dan dewan guru sangat antusias mengikuti program ini. Sehingga tiap Kamis Pagi, masing-masing siswa mambawa buku cerita, setelah itu membacanya selama 15 menit, kemudian hasilnya dipresentasikan,” jelas Ilman di Palu, Kamis, 29 Maret 2018. 

Kata Ilman, penerapan membaca 15 menit dilaksanakan sejak tahun lalu, namun intensifnya awal Januari tahun ini.

“Saya sangat bangga kepada siswa SMPN 19, karena tanpa disuruh langsung berbondong-bondong untuk membaca. Saya melihat para siswa ini mempunyai kemauan, tinggal bagaimana sekolah terus mendorong muridnya,” katanya. 

Kemauan anak-anak tersebut, kata Ilman, kemungkinan didorong oleh orang tuanya, karena rata-rata siswa SMPN 19 Palu adalah anak-anak dosen. 

“Penerapan literasi membaca ini tiap Kamis, sekaligus menggunakan atribut kepada daerah seperti Siga dan Sampolu,” katanya. 

Ilman berharap, kegiatan literasi tersebut menjadikan siswa gemar membaca. Menurutnya, anak bangsa saat ini minim membaca. 

“Manfaat literasi membaca ini sangat bagus, karena dapat mengembangkan wawasan peserta didik dan juga bisa menjadi bekal untuk masa depan para siswa kami di SMPN 19 Palu,” ujarnya. 

 

Editor: M Yusuf Bj