Friday, 22 June, 2018 - 07:34

Siswi SMP Tewas Tenggelam di Sungai Poso

EVAKUASI JENAZAH - Tim gabungan Basarnas saat mengevakuasi korban Nicky yang berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. (Foto: Ryan Darmawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Seorang siswi kelas VII SMP Negeri 1 Lage, Nicky Claudia Padamara (13), Senin 12 Maret 2018 ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa lagi sekitar 500 meter dari lokasi hilangnya korban.

Korban ditemukan oleh tim gabungan yang terdiri atas Basarnas, BPBD Poso, Polsek Lage dan masyarakat yang telah melakukan pencarian selama satu hari sebelumnya.

Kapolsek Lage Ipda Jufri Lawendatu yang dikonfirmasi wartawan di Poso membenarkan korban Nicky yang sehari sebelumnya hilang terbawa arus saat mandi di Sungai Poso, telah berhasil ditemukan. Warga Desa Tambaro Kecamatan Lage itu ditemukan setelah tim gabungan melakukan pencarian sekitar 18 jam lamanya.

"Siswi SMP itu sudah berhasil ditemukan oleh tim gabungan yang dibantu masyarakat setempat dalam keadaan tewas sekitar 500 meter dari lokasi hilangnya," ujar Jufri.

Menurut Jufri, usai ditemukan, jenasah Nicky langsung dibawa ke RSUD Poso untuk dilakukan visum et repertum.

"Saat ini korban sudah berada di rumah duka di Desa Tambaro. Sebelumnya korban divisum terlebih dahulu di RSUD Poso," tambah Kapolsek Jufri.

Ratusan warga tampak histeris di sekitar lokasi penemuan jenasah Nicky. Orang tua dan keluarga tampak tak bisa menahan tangis saat jenasah Nicky dievakuasi oleh tim gabungan Basarnas.

Untuk diketahui, sehari sebelumnya tepatnya Minggu 11 Maret kemarin, Nicky bersama dua rekannya Retna dan Elsa sekitar pukul 17.00 Wita, tengah asyik mandi di Sungai Poso. Ketiganya bahkan sempat berenang menyeberangi sungai. Tiba-tiba mereka terbawa arus sungai yang deras.

Dua rekannya berhasil menyelamatkan diri dari derasnya arus saat itu. Namun Nicky hanyut dan terbawa arus sungai hingga akhirnya ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa lagi.

"Awalnya ada tiga orang yang mandi-mandi, mereka dikabarkan tenggelam tapi dua orang selamat dan Nicky menghilang," ucap Rendi Tambagi salah seorang warga yang menelpon Metrosulawesi.

Menurut penuturan warga tersebut, pada siang hari korban sempat pergi ke rumah keluarganya di Desa Watuawu dengan maksud membesuk karena baru saja keluar dari rumah sakit umum Poso. Namun ia kemudian memutuskan untuk mandi bersama dua rekannya di sungai Desa Watuawu.

Sungai Poso yang mengalir dari Kota Tentena hingga bermuara ke laut Poso, hampir setiap tahunnya ada korban. Tercatat sudah ada beberapa warga Poso yang menjadi korban di sungai tersebut.


Editor: Udin Salim