Tuesday, 21 November, 2017 - 14:39

SMA Al-Azhar Palu Dominasi Nilai UN Tertinggi

Asrul Achmad. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Hasil nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi tahun 2017 masih didominasi sekolah swasta. Sedangkan untuk sekolah negeri, hanya mampu masuk peringkat tujuh besar.
 
Kepala UPT. Pendidikan dan Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng Asrul Achmad mengatakan, siswa SMA Al Azhar Mandiri Palu kembali berhasil meraih nilai tertinggi pada Ujian Nasional (UN) se Sulawesi Tengah tingkat SMA 2017. Siswa tersebut raih peringkat pertama pada jurusan IPA dengan perolehan nilai rata-rata 90 ke atas.

“Siswa yang berhasil memperoleh nilai tertinggi dari SMA Al Azhar, pertama Radzul Abyan Taqyuddin Aly dengan total nilai keseluruhan 379.50. Peringkat kedua Nurul Annisa R Noch dengan total nilai 372.50. Dan ketiga Yoga Dwi Guna Bujang total nilai 371.00,” ungkap Asrul di Palu, Rabu, 3 Mei 2017.

Sementara, kata Asrul, untuk tingkat SMK, ranking pertama diraih siswa SMK Muhammadiyah 1 Palu Mujadid Izzul Fikri dengan total nilai 353.40. Kedua,  dua siswa di SMK Negeri 1 Luwuk Christy Igelsi Presha Sangauk total nilai 332.80, Nurul Hikmah dengan nilai 330.50.

“Sementara jurusan IPS pada tingkat SMA yang memperoleh nilai tertinggi, menempati ranking satu dan dua yaitu siswa SMAN 1 Tinangkung Utara, atas nama Yuspianti Puluman dengan total nilai 320.50, dan Moh. Sukri dengan total nilai 318.50. Masuk ranking ketiga diraih oleh siswa SMA Karunadipa Palu, Indah Puspita Sari Chowindra total nilai 318.00,” ujarnya.

Untuk tingkat Madrasah, kata Asrul, hanya satu siswa asal Madrasah Negeri Mansalean meraih nilai tertinggi pada jurusan IPA dan IPS, dengan perolehan nilai rata-rata 80 ke atas.

Sementara itu, Asrul mengatakan pihaknya belum mengetahui presentase nilai UN untuk wilayah Sulteng.

“Kita masuk pada urutan keberapa se Indonesia? kami belum tahu. Karena belum ada informasi pusat terkait dengan hal itu. Karena saat ini yang menentukan kelulusan diserahkan ke sekolah masing-masing, bukan lagi pemerintah pusat yang menentukan,” jelasnya.

Asrul menambahkan pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang baik dari seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) di Sulawesi Tengah.

“Saya berterimakasih kepada PT. PLN Area Palu karena mendukung suplai listrik pada UNBK  dan pihak PT.Telkomsel yang telah membatu jaringan internet. Begitu pun pada pihak Polda Sulteng yang selama ini mengamankan naskah UNKP mulai dari proses pendistribusian dan lainnya,” ungkapnya.

Asrul mengatakan kedepan pihaknya akan memberikan apresiasi secara khusus kepada siswa yang berprestasi.

“Apresiasi tersebut belum bisa tahun ini kami berikan, karena tahun ini masih masa transisi pengalihan SMA/SMK ke provinsi,” katanya.

“Namun apresiasi yang sangat membanggakan kepada sekolah yang siswanya sudah berhasil mencapai nilai tertinggi. Tentunya ini adalah gambaran keberhasilan sekolah dalam mendidik dan mempersiapkan siswanya secara maksimal dalam menghadapi UN,” ujarnya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.