Friday, 21 September, 2018 - 10:13

SMKN 2 Palu Sambut Positif Sistem UN

SMKN 2 Palu. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - SMK Negeri 2 Palu menyambut positif sistem kelulusan ujian nasional (UN) tahun ini yang dikembalian kepada sekolah. Sebelumnya, standar kelulusan UN ditetapkan oleh Pemerintah pusat.

Kepala SMK 2 Palu H Hamdi Rudji mengatakan dengan dikembalikannya kelulusan ujian nasional ke sekolah, maka sekolah dapat menjabarkan tingkat kelulusan siswa.

Menurutnya, sebelumnya sejak diberlakukan UN pada tahun 2010 sekolah tidak dapat menilai siswa layak atau tidaknya diberikan kelulusan karena semua ditangani pusat.

“Jadi hasil nilai dari UN itu sendiri yang menjadi penilaian mereka, bukan melihat dari keadaan siswa yang ada di daerah itu,”jelasnya saat ditemui di sekolahnya baru-baru ini.

“Dengan diberlakukannya ujian sekolah maka sangat berperan penting bagi sekolah itu dalam menilai tingkat kelulusan siswa yang tadinya UN berubah menjadi ujian sekolah. Jadi ada sisi baik dan sisi buruknya pula,” jelasnya.

Menurutnya, ujian sekolah saat ini sama dengan EBTA-EBTANAS. Pada tahun era 90-an ujian semester pertama untuk kelas 3 disebut Ebta dan ujian Akhir disebut Ebtanas.

Pada jaman itu sekolah yang menentukan nilai kelulusan dan hasil dari kelulusan diserahkan ke Dinas Pendidikan di daerah.

“Nanti untuk soal ujian akhir tetap dibuat oleh Kemendikbud, tinggal Dinas Pendidikan di daerah yang menambah isi dari soal ujian akhir atau disebut ujian sekolah. Dari hasil ujian akhir sekolah akan dikirim ke pusat dan penentuan akan dikembalikan ke daerah dan sekolah masing-masing sebagai penentu kelulusan siswa,” tambahnya.


Editor : Syamsu Rizal