Wednesday, 20 June, 2018 - 14:14

SMPN Diupayakan Gelar UNBK

UNBK - Suasana siswa-siswi saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2017 di salah satu SMP Negeri di Kota Palu. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Dinas Pendidikan Kota Palu mengupayakan pada 2018, semua SMP Negeri di Palu menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu Ansyar Sutiadi belum bisa menjamin hal itu terlaksana, karena ada sejumlah sekolah masih belum memiliki kesiapan sarana dan prasarana, diantaranya ruang komputer.

“Untuk itu, kami rencana mencoba kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, sehingga kedepan, SMP yang belum bisa laksanakan UNBK bisa bekerjasama dengan SMA untuk dipinjamkan ruangan sekaligus sarana komputer untuk digunakan dalam UNBK,” kata Ansyar di ruang kerjanya, Senin, 11 Desember 2017 kemarin. 

Jika ini terealisasi, Ansyar menyakini semua SMP Negeri di Palu melaksanakan UNBK pada tahun depan.
 
“Untuk itu jika dipersentasekan sekitar 80 persen SMPN sudah gelar UNBK tahun depan, hal ini sesuai dengan bantuan yang diberikan Pemeritah Kota Palu ke sejumlah sekolah di Kota Palu,” jelas Ansyar.

Ansyar mengungkapkan untuk sekolah yanga sudah pasti melaksanakan UNBK tahun depan yakni SMPN 1 Palu,SMPN 2, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 9 Palu, serta SMP lainnya.

“Yang jelas masih banyak lagi SMP di Palu siap melaksanakan UNBK,” katanya.

“Saya juga saat ini masih terus memantau dan terus mendorong sejumlah sekolah agar melaksanakan UNBK, sehingga pada simulasi pertama, kami mencoba mendata sekolah yang belum bisa gelar UNBK,” katanya.

Ansyar berharap dengan adanya bantuan sarana-prasarana dari Pemkot Palu kepada sekolah-sekolah mutu pendidikan di Kota Palu semakin meningkat.

“UNBK betul-betul jujur, tidak ada intervensi dari guru, sehingga pemetaan kompetensi dan kualitas pendidikan lebih terukur,” katanya.


Editor : M Yusuf Bj

Tags: