Friday, 24 March, 2017 - 06:25

SMPN I Lembo Raya Rayakan Bersama Maulid dan Natal

Kepala SMP Negeri I Lembo Raya, Morowali Utara Jekson Sidaluwu berfoto bersama siswa-siswi. (Foto : Alekson Weao)

Kolonodale, Metrosulawesi.com - “Kita bersyukur kepada Allah SWT  dapat mempertemukan kita merayakan bersama Maulid Nabi Besar Mumahham SAW dan Natal Yesus Kristus secara bersama-sama. Ini suatu yang sungguh luar biasa dan masih jarang dilakukan dimana-mana,  kalau dulu kita saling menyaksikan, namun sekarang kita saling merasakan  dalam satu kerukunan sebagai saudara dalam keluarga Allah,” kata Kepala SMP Negeri I Lembo Raya, Morowali Utara Jekson Sidaluwu dalam sambutan perayaan Maulid dan Natal itu di Gedung Serba Guna SMPN I Lembo Raya, sabtu (19/12/2015) lalu.

Jekson mengaku, dalam memperingati kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW 1437 H 24 Desember  dan kelahiran Yesus Kristus 25 Desember mengambil tema “Hidup rukun dan damai memakmurkan keluarga Allah”. 

Perayaan bersama yang diawali pembacaan Al-Qur’an qalam Ilahi dan Saritilawah dan Shalawat Yukran Kablat Maulid Aedan  oleh Siswi SMPN I. Sementara Kepsek Jekson Sidaluwu menekankan kegiatan ini sudah merupakan kedua kalinya diselenggarakan sekolah tersebut, dimana pada tahun 2007 telah melaksanakan perayaan Maulid bersama perayaan Paskah, ini artinya bahwa SMPN I Lembo Raya selalu menanamkan rasa toleransi itu kepada anak didiknya.

Kepala kantor urusan agama Kecamatan Lembo / Lembo Raya, Lalu Akroman, S.H merasa bangga apa yang diperbuat oleh keluarga besar SMPN I Lembo Raya. Dimana sangat jarang terjadi dapat dipertemukan 2 momen peristiwa besar.Yakni perayaan bersama kelahiran Nabi besar Nabi Mohammad SAW dan kelahiran Yesus Kristus.

“Sungguh membawa arti dan makna bagi pendidikan toleransi umat beragama disekolah ini. Kita berharap anak-anak ini kedepan  dengan melihat apa yang kita teladankan hari ini mereka akan menjadi pewaris toleransi umat beragama di masa akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, renungan Natal disampaikan Pdt. Klasis H. Dunggurio, S.Th mengingatkan bahwa tema Natal tahun ini hidup bersama sebagai keluarga Allah dan Natal Yesus Kristus memotivasi warga gereja untuk menopang kehidupan semua makhluk, sebagai kesatuan keluarga Allah. Sehingga dengan hidup bersama antar umat beragama dengan hidup rukun dan damai, peristiwa yang pernah terjadi di Poso tidak akan terulang kembali.

Hal yang sama dikatakan Sekertaris Kecamatan Lembo Raya, Ies Dewanto yang  sangat kagum dengan perayaan yang sangat luar biasa. Ia mengaku, semasa duduk dibangku sekolah belum pernah yang didapatkan demikian.

“Semoga apa yang dilakukan oleh SMPN I Lembo Raya akan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Morowali Utara, dan amat terlebih kepada anak didik akan menjadi pewaris toleransi umat beragama kedepan.

 

Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.