Sunday, 22 July, 2018 - 22:26

Soal Status Tersangka Bupati Bangkep, Longki Belum Terima Tembusan

Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola saat melantik Bupati Banggai Kepulauan, H Zainal Mus beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

 

Palu, Metrosulawesi.com - Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola MSi menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah, atas kasus yang dialami Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep), H Zainal Mus.

Hal itu ditegaskan Gubernur melalui Plt Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng, Drs Moh Haris Kariming, dalam siaran persnya yang diterima Metrosulawesi, Ahad 18 Maret.

Haris Kariming mengatakan, secara resmi, Gubernur belum menerima surat tembusan atau pemberitahuan atas penetapan tersangka Bupati Zainal Mus. Melainkan baru sebatas kabar dari pemberitaan media.

“Jika memang betul yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, sebagai Gubernur beliau menyarankan agar menjalani proses hukum yang berlaku. Apalagi sudah ada statement dari Bupati Zainal Mus yang dikutip beberapa media, bersedia dan siap menghadapi proses hukum,” jelas Haris.

Lebih lanjut Haris Kariming menyampaikan pesan Gubernur, agar pemberitaan terhadap Bupati Bangkep Zainal Mus yang disangkakan dugaan korupsi pembebasan lahan bandara Bobong di Kabupaten Sula, mengedepankan asas praduga tak bersalah.  Mengingat penetapan tersangka bukanlah akhir dari proses hukum. Masih ada proses lain hingga adanya penetapan yang berkekuatan hukum tetap.

“Mari kita ikuti proses hukum yang ada. Kepada masyarakat, khususnya masyarakat Banggai Kepulauan juga diminta tetap tenang hingga ada putusan lebih lanjut,’’ kata Haris meneruskan pesan Gubernur.

Terkait jabatannya dalam pemerintahan, Gubernur menegaskan sepanjang belum ada keputusan-keputusan lanjut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku menyangkut dengan jabatannya sebagai bupati, maka Zainal Mus masih aktif menjalankan tugas dan fungsinya sebagai seorang Bupati di Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Gubernur mencontohkan kasus yang membelit Gubernur Jambi Zumi Zola, sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Tapi karena belum ada keputusan lebih lanjut menyangkut jabatannya, maka statusnya masih sebagai Gubernur. Demikian halnya dengan Bupati bangkep,” terang Haris. (*)