Thursday, 16 August, 2018 - 18:41

Status RSUD Morowali Ditingkatkan

Paramedis pelayanan kesehatan gratis di Kabupaten Morowali. (Foto : Ahyar Lany)

Bungku, Metrosulawesi.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, diperlukan penguatan rumah sakit rujukan yang memadai. Dimana fasilitas pelayanan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan semakin lengkap dan memadai.

Berkaitan dengan hal itu, baru-baru ini Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali menggelar workshop dalam rangka persiapan peningkatan kelas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Morowali dari tipe C ke tipe B, di Aula Dinas Kesehatan.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Morowali Anwar Hafid mengatakan, mendukung sepenuhnya program peningkatan RSUD Morowali dari tipe C ke tipe B. Dia meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk membantu mendesain drainase dan sanitasi air bersih di rumah sakit.

Bupati juga meminta Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Morowali untuk membantu mengurus sampah rumah sakit. Olehnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten diminta agar menjadikan RSUD Morowali sebagai sasaran bhakti sosial.

Lebih lanjut Anwar menghimbau, peserta workshop mengeluarkan pemikiran, gagasan, dan ide terbaik untuk berkonstribusi secara positif dalam rangka peningkatan pelayanan  rumah sakit kedepan.

“Kalau semua bersatu padu, Insya Allah peningkatan RSUD Morowali dari tipe C ke tipe B bisa terwujud,” ujar Anwar.

Ia menambahkan, seluruh persiapan perangkat hukum yang mendukung pelayanan rumah sakit secara maksimal harus dijadikan agenda dalam workshop. Ia berharap, ke depan RSUD Morowali bisa berkembang dan memberikan pelayanan untuk lintas tenggara.

“Kabupaten Konawe dan Konawe Utara nantinya bisa berobat ke Morowali,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Bina Upaya Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Faridah Ingulo mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan, di Kabupaten Morowali terdapat dua rumah sakit tipe C, yaitu RSU Kolonodale (Morut) dan RSU Morowali.

Farida menjelaskan, setelah digodok di provinsi, rumah sakit Morowali yang dipilih untuk dinaikkan statusnya dari tipe C ke tipe B. Karena dinilai komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali dengan dokter spesialis yang lebih banyak.

Saat ini, ada 5 rumah sakit regional di Sulawesi Tengah, yaitu RSU Morowali, RSU Tolitoli, RSU Luwuk, RSU Parigi, dan RSU Anutapura Palu.

“Tahun ini untuk regional, RSUD Morowali mendapatkan alokasi dana sebesar Rp15 milyar,” ungkap Faridah.

Ia melanjutkan, untuk pelayanan dasar, Morowali mendapat anggaran Rp4 milyar lebih, dan pembangunan RSU Pratama mendapat anggaran sebesar Rp17 milyar. Faridah mengungkapkan, saat ini baru RSU Kota Palu yang terintegrasi ke BPJS kesehatan.

“Apa pun program, asal komitmen pasti kita bisa,” tutup Faridah.


Editor : Tahmil Burhanuddin Hasan