Tuesday, 19 June, 2018 - 06:32

Stok Pangan Dipantau sampai H-1 Lebaran

Zainuddin Abd Kadir. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pemprov Sulteng akan memantau kebutuhan stok pangan sampai H-1 Lebaran 2018. Olehnya masyarakat tidak perlu khawatir memenuhi kebutuhan pangan dalam momentum Lebaran kali ini.

“Sesuai instruksi pak Menteri Perdagangan, stok pangan dipantau hingga H-1 Lebaran,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng, Zainuddin Abd Kadir, Minggu, 10 Juni 2018.

Dia mengatakan saat ini stok sejumlah kebutuhan pangan dalam kondisi stabil dan harga yang relatif terjangkau. Kata Zainuddin adapun kenaikan harga sejumlah kebutuhan pangan masih dalam batas harga acuan yang ditetapkan Kementerian Perdagangan.

“Kenaikan hanya sekitaran Rp200 sampai Rp500, itu masih sesuai  batas harga acuan,” kata dia.

Zainuddin menambahkan Tim Satgas Pangan provinsi dan kabupaten/kota juga terus mengawasi stok dan pergerakan harga  kebutuhan pangan. Hal ini sesuai permintaan Gubernur H Longki Djanggola saat rapat forum komunikasi pimpinan daerah triwulan kedua pada Senin, 21 Mei 2018.

Gubernur Longki saat itu menegaskan stabilitas harga bahan pangan harus dijaga dengan instansi dan pihak-pihak terkait. Dihadapan unsur pimpinan daerah yang mengikuti rapat, gubernur menginginkan agar stabilitas harga pangan dapat terjaga selama Ramadan hinnga jelang lebaran. Apalagi dalam bulan ini pula ada perayaan Waisak.

“Agar masyarakat dapat dengan tenang menjalankan ibadahnya, saya minta Disperindag, Bulog, Bank Indonesia, BPS dan unsur lainnya dapat bekerjasama menjaga stabilitas harga,” ujarnya.

Gubernur juga memberi perhatian terhadap komoditas pangan masyarakat yang harus dalam status aman dan layak konsumsi.

“Saran saya kepada retail yang masih memajang barang kadaluwarsa harus diumumkan, agar jera. Kalau retail tetap bandel, harus dihukum,” tandas gubernur.


Editor: M Yusuf Bj