Sunday, 22 October, 2017 - 12:25

Strategi Sulteng Sambut MEA 2015

Ilustrasi sambut MEA. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulteng.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus  berbenah menyambut hadirnya MEA  (masyarakat ekonomi asean) tahun 2015 mendatang. Sebab MEA bisa mendatangkan peluang bagi Sulteng.

“Pasar Bebas Asean itu bukan ancaman tapi peluang besar . Tentunya tergantung dari daya saing dan efisiensi produk kita di pasar regional,”  kata Kepala Bappeda Provinsi Sulteng, Patta Tope Selasa, (23/9/2014).

Meski masih terdapat banyak keraguan sejumlah pihak mengenai kesiapan Sulteng menghadapi MEA. Namun hal itu sesungguhnya dapat dilihat sebagai peluang besar untuk menciptakan daya saing.

“Peningkatan daya saing maupun efisiensi sangat penting sehingga bakal disiasati melalui pembangunan infrastruktur, perbaikan kualitas dan kuantitas mutu modal manusia dan investasi yang dapat mendorong untuk mengolah bahan baku lokal menjadi bahan jadi atau bahan setengah jadi yang mempunyai nilai tambah yang lebih tinggi,” katanya.

Selain itu, Sulteng juga telah mendapatkan peluang investasi khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta di sektor tambang dan mineral dalam bentuk peningkatan nilai tambah yang nantinya akan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah ini.

Untuk itu, Sulteng melalui SPD telah meningkatkan wawasan terkait menyambut MEA 2015 ini. Hanya saja pemerintah perlu ekstra ketat dalam mengambil peluang itu sebab ada banyak faktor karena pastinya ada nilai positif dan nilai negatifnya.

“Positifnya sepanjang kita mampu meningkatkan daya saing dan efisiensi sehingga bisa bersaing dengan negara lain. Negatifnya perlu melakukan pengawasan,” ungkapnya.

 
Editor : Bandi

 

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.