Thursday, 30 March, 2017 - 14:58

Study Club STMIK Adhi Guna Kembangkan Teknologi Robot

Ketua AGRC Muhlis bersama anggotanya. (Foto : Bayu Pramana Putra)

Palu, Metrosulawesi.com – Mahasiswa Sekolah Tinggi  Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna yang tergabung dalam Adhi Guna Robotech Club (AGRC) berhasil mengembangkan teknologi robot yang telah menyabet beberapa prestasi.

Ketua AGRC, Muhlis menjelaskan untuk mengembangkan teknologi robotik, mahasiswa yang ingin bergabung  dalam harus melalui proses seleksi.

“Pada kelompok belajar yang kami bangun adalah ilmu robotika yang dasarnya adalah pemograman dan penguasaan komponen untuk membangun fisik dari robot. Hal ini dimulai saat penerimaan anggota baru yang akan menerima pembelajaran selama tiga bulan, kemudian diberikan tugas akhir sebelum dinyatakan lolos untuk bergabung di studi klub kami,” jelasnya, Selasa (10/11/2015).

Muhlis mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan untuk mengikuti perlombaan robotech yang akan diselenggarakan di Makasar bulan depan. Salah satunya adalah mempersiapkan robot yang akan dilombakan.

“Kami akan ikutkan robot pemadam api pada perlombaan tersebut, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Sekarang robot tersebut baru bisa berjalan dan berbelok dengan controler manual modifikasi dari playstation,” katanya.

“Namun kedepan akan kami usahakan menggunakan kontrol wireles atau nirkabel. Juga akan kami lakukan penginputan program secara bertahap, lalu kami kembangkan program selanjutnya,” tambahnya.

Namun Muhlis mengeluhkan menimnya komponen robot yang ada di Kota Palu. Menurutnya, hal itu menjadi kendala utama dalam perakitan robot.

“Kendala yang kami hadapi dalam perakitan robot biasanya ketersediaan komponen di Kota Palu masih terbatas sehingga mereka memesan dari luar kota,” katanya.

Muhlis mengatakan ketersediaan komponen dapat terpenuhi dengan cepat, maka pihaknya dapat menyelesaikan satu proyek robot satu hingga dua minggu.

“Namun mengingat tanggung jawab sebagai mahasiswa, harus pintar membagi waktu antara perkuliahan dengan AGRC,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan AGRC tidak hanya mengembangkan robot, namun pihaknya juga memodifikasi peralatan elektronik, diantaranya dispenser.

“Dispenser yang telah dimodifikasi bisa diinput program pengatur waktu yang secara otomatis akan memanaskan air pada jam yang telah ditetapkan,” katanya antusias.

Beberapa waktu lalu, AGRC menyabet empat besar dengan robot pemain bulutangkis pada lomba robotech di Banjarmasin.

“Untuk teknologi robot di seluruh Indonesia merata, yang menentukan kemenangan dalam perlombaan biasanya adalah desain dan juga seberapa bagus kinerja robot,” katanya.

Adhi Guna Robotech Club (AGRC) sudah menghasilkan berbagai prestasi membanggakan diantaranya juara 3 tingkat regional di Mataram, juara 1,2 dan 3 untuk wilayah Palu yang diselenggarakan Untad, dan juara 1 ,2 untuk seleksi Asean Skill Competition se Sulteng.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.