Friday, 20 April, 2018 - 14:43

Sulsel Rebut Piala Bergilir Mendagri

PERAIH MEDALI - Sekretaris Pengda Forki Sulteng, Yesiah Ery Tamalagi (kiri depan) foto bersama atlet Sulteng berhasil meraih medali pada Kejurnas Karate Piala Mendagri XX di Auditorium Kampus Universitas Tadulako Palu, Ahad 25 Maret 2018. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Mendagri XX berakhir, Ahad 25 Maret 2018. Kejuaraan yang berlangsung di Auditorium Kampus Universitas Tadulako Palu, kontingen Sulteng harus puas di posisi 19.

Juara Umum Kejurnas Karate Piala Mendagri XX kali ini diraih Kontingen Sulawesi Selatan. Mereka berhak atas piala bergilir Bergilir Menteri Dalam Negeri setelah meraih medali,  tujuh emas, lima perak dan lima perunggu.

Kontingen Sulteng sendiri hanya meraih satu perak dan dua perunggu. Meski tertinggal jauh, namun kontingen Sulteng justru berhasil mengukir prestasi. Pasalnya, pada kejurnas yang sama di Lampung tahun lalu,  Sulteng tidak meraih satupun medali.

Ketiga atlet Sulteng yang berhasil meraih medali pada kejurnas kali ini, medali perunggu diraih Rahmat R Gani/Inkai Sulteng kumite individual putra di atas 70 kilogram kadet dan Muammar L Laharuna/Gokashi Sulteng pada kelas di bawah 55 kg under 21 tahun, kumite individual. Peraih medali perak Nikita Syarin Maghfira/Inkai Sulteng,  kumite perseorangan putri, 68 kg ke atas klas umur 21 ke bawah.

Di urutan kedua,  Inkai dengan enam emas, satu perak dan enam perunggu, disusul DKI Jakarta di urutan ketiga dengan perolehan medali lima emas, tiga perak dan dua perunggu.

Di urutan keempat dan kelima adalah kontingen Inkanas dengan medali tiga emas, tiga perak dan lima perunggu serta Sumatera Utara dengan raihan dua emas,  dua perak dan enam perunggu.

Sekretaris Pengda Forki Sulteng, Yesiah Ery Tamalagi mengaku bersyukur dengan perolehan medali dalam kejurnas kali ini.  

"Sebenarnya raihan medali bisa lebih, namun ada tiga atlet yang gagal meraih perunggu," kata Erick Tamalagi,  sapaan akrabnya.

Lanjut Erick, patut dibanggakan karena kita sukses sebagai tuan tumah dan sukses prestasi.
 
Selama kejurnas berlangsung, semua berjalan lancar dan tidak ada ribut sedikitpun. Berbeda dengan kejuaraan-kejuaraan sebelumnya.

Wakil Sekjen PB Forki Elrich Mahbub mengatakan pelaksanaan kejurnas kali ini cukup sukses. Semua pertandingan berjalan lancar dan ukiran prestasi juga merata. 

"Ke depan Forki akan melakukan pembinaan terhadap atlet yang berprestasi ke pelatnas. Para juara hari ini yang menang dimungkinkan untuk ikut seleksi baik tingkat nasional dan seleksi Asean Games yang sedang pemusatan latihan di Ciloto," kata Elrich Mahbub.

Piala Bergilir Mendagri diserahkan oleh Wakil Sekjen PB Forki Elrivh Mahbub kepada kontingen Sulawesi Selatan.  

 
Editor: Udin Salim