Friday, 21 September, 2018 - 10:27

Sulteng Akan Punya RS Modern

PERKUAT SINERGI - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat didampingi Plt Kepala Biro Humas dan Protokol, Moh Haris Kariming foto bersama pimpinan redaksi media cetak dan elektronik usai berdiskusi di Ruang Kerjanya, Senin, 12 Maret 2018. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Provinsi Sulawesi Tengah akan memiliki rumah sakit (RS) modern.  RS itu akan dibangun di lokasi eks RS Undata lama di Kelurahan Besusu.

Sekdaprov Sulteng, Drs Hidayat Lamakarate mengatakan, rencana pembangunan rumah sakit itu saat ini dalam tahap negosiasi.

“Pembangunan rumah sakit ini dibangun oleh swasta full. Nanti pengelolaannya menggunakan sistem BGS (bangun, guna, serah),” kata Hidayat di sela pertemuan sejumlah pimpinan redaksi di ruang kerjanya, Senin 12 Maret.

Hidayat mengatakan, sudah ada tiga perusahaan swasta yang menawarkan kesiapannya untuk membangun rumah sakit itu. Meski demikian, pihak Pemprov Sulteng tetap akan menempuh proses lelang.

“Jadi tetap akan ada lelang,” ujarnya.

Pembangunan rumah sakit itu diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp500 miliar. Anggaran sebesar itu sepenuhnya akan ditanggung pihak swasta. 

Soal lokasi kata Hidayat, tidak ada masalah. Tinggal menjadi persoalan saat ini katanya, di eks RS Undata lama itu, masih terdapat bangunan milik pusat.

“Tapi saya kira ini akan segera bisa diatasi, karena  kami sudah menyurat ke Pusat untuk meminta penyerahan bangunan itu,” katanya.

Menurut Hidayat, rumah sakit yang akan dibangun itu  merupakan yang terbesar dan memiliki memiliki fasilitas lengkap. Di dalam lingkungannya,  selain gedung rumah sakit itu sendiri, juga ada kampus, pusat perbelanjaan atau mal hingga hotel.

Sekdaprov Sulteng itu mengatakan, pembangunan rumah sakit itu adalah bagian dari keinginan Gubernur Longki Djanggola, yang pada tahun 2018 ini ingin mewujudkan beberapa program.

“Salah satunya di bidang kesehatan, membangun rumah sakit itu. Tahun ini haru sudah mulai jalan,” kata Hidayat.

Dukungan Media

Gubernur H Longki Djanggola berterima kasih atas dukungan media dalam mempublikasikan kemajuan-kemajuan yang dicapai pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Ucapan terima kasih gubernur disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat saat pertemuan bersama pimpinan media cetak dan elektronik di Ruang Kerjanya, Senin, 12 Maret 2018.

“Kami mengharapkan kepada pimpinan redaksi media cetak dan elektronik agar dalam menyajikan berita kiranya terus menjungjung nilai-nilai profesionalisme dan berdasarkan fakta yang benar,” ujar Hidayat.

Hidayat dalam kesempatan ini mengundang pimpinan media cetak dan elektronik berdiskusi guna memperkuat peran media dalam publikasi kegiatan pemerintah Provinsi Sulteng. Tujuannya agar media diharapkan dapat juga melihat penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan setiap OPD untuk menjadi bahan masukan kepada pimpinan.

Hidayat juga meminta masukan dari pimpinan media cetak dan elektronik dalam rangka peningkatan fungsi publikasi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Melalui diskusi ini disimpulkan perlu sosialisasi kepada seluruh OPD agar lebih terbuka dan lebih responsif terhadap isu-isu yang diminta oleh media dengan harapan adanya pemberitaan yang berimbang.

Diskusi juga membahas pengaktifan kembali fungsi Press Room Kantor Gubernur guna peningkatan publikasi kegiatan Pemprov Sulteng yang dilaksanakan OPD di luar daerah. Diharapkan kepala OPD atau pejabat pelaksana kegiatan dapat membuat rilis atau mengukutsertakan peliputan dari Biro Humas dan Protokol.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pimpinan redaksi atas kehadirannya mendiskusikan penguatan peran media dalam publikasi penyelenggaraan kegiatan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,” tandas Hidayat.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Plt Kepala Biro Humas dan Protokol, Moh Haris Kariming yang turut mendampingi Hidayat saat pertemuan ini.

“Terima kasih kepada sekretaris daerah atas undangan yang disampaikan kepada pimpinan redaksi media cetak dan elektronik,” ucap Haris. (mic/din)