Friday, 20 April, 2018 - 20:42

Sulteng Terima Tambahan 54 Ribu Blanko e-KTP

Abd Haris Yatolembah. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Provinsi Sulteng mendapat tambahan blanko e-KTP untuk kabupaten/ kota di daerah ini. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sulteng, Abd Haris Yatolembah menerangkan, tambahan blanko e-KTP untuk mencapai 54 ribu keping.

“Sebagian sudah ada di kabupaten-kabupaten, sebagaian lagi masih di Jakarta,” terang Haris di Kantornya, Senin, 26 Maret 2018.

Blanko tersebut kata Haris disiapkan bagi kabupaten yang masih membutuhkan tambahan blanko. Stok blanko juga disiapkan untuk kebutuhan mendesak bagi Dukcapil kabupaten/ kota.

“Stok blanko e-KTP untuk Sulteng masih akan bertambah tergantung kebutuhan Dinas Dukcapil kabupaten/kota,” katanya.

Haris mengimbau agar kabupaten/kota segera menyampaikan usulan apabila stok blanko sudah mulai menipis. Hal itu agar masyarakat yang membutuhkan e-KTP bisa terlayani, khususnya dalam keperluan Pilkada serentak di tiga kabupaten yaitu Donggala, Parigi Moutong dan Morowali.

“Yang penting jangan sudah ada blanko tidak ada tinta. Tinta harus kabupaten yang mengusahakan,” tutur Haris.

Terkait pelayanan Dukcapil, sebelumnya Haris juga mengungkapkan akan membuka pelayanan administrasi kependudukan di Sulteng Expo dalam rangka memperingati HUT Sulawesi Tengah pada 13 April 2018 mendatang.

“Saya akan mengajak dinas Dukcapil kabupaten/kota yang ada di Sulteng, terlibat dalam expo membuka pelayanan kependudukan,” ungkapnya, Senin, 5 Maret 2018.

Saat ini dijelaskan Haris sudah ada beberapa Dukcapil kabupaten termasuk Kota Palu, yang menyatakan siap terlibat membuka pelayanan di expo tersebut. Expo rencananya akan berlangsung di Sirkuit Panggona eks STQ Palu selama empat hari.

“Kami akan buka pelayanan terhitung mulai 13 sampai 17 April di Sulteng Expo. Perlu saya informasikan untuk layanan Dinas Dukcapil kabupaten hanya off line karena tidak mungkin alat-alat mereka bawa,” terang Haris.

Pelayanan yang dibuka dijelaskannya meliputi layanan e-KTP, kartu keluarga, dan akte kelahiran termasuk surat kematian. Pelayanan ini untuk membantu masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan, sekaligus percepatan pencapaian target pada 2019, dimana semua masyarakat di daerah ini ditarget memiliki e-KTP.   

 

Editor: Syamsu Rizal