Monday, 23 July, 2018 - 08:06

Swedia Bantu Konsep dan Anggaran Arboretum Kota Palu

Walikota Palu, Hidayat saat di acara deklarasi Sekolah Lingkungan kerjasama dengan Pemerintah Boras Swedia, Kamis (14/4/2016). (Foto : Metrosulawesi/Henny)

Palu, Metrosulawesi.com – Saat mengunjungi lahan arboretum (hutan kota) di Kelurahan Talise, Jumat (15/4/2016), Delegasi Swedia KLasKlasson mengatakan lahan yang diperlihatkan sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai ruang publik.

“Lokasi lahan ini bisa di akses oleh seluruh masyarakat. Namun kami mengingatkan agar kepemilikan lahannya benar atas nama pemerintah, bukan perorangan,” kata KlasKlasson.

Menurutnya, konsep arboretum yang akan dibangun di Palu akan berbeda dengan konsep arboretum di Swedia.

“Swedia berupaya akan membantu penyusunan segi konsep dan anggaran. Agar menghasilkan hutan kota yang baik. Kami akan membantu dari segi anggaran dan konsep,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Walikota Palu Hidayat mengungkapkan pihaknya telah menyusun konsep hutan kota dengan melibatkan Pemerintahan Kota Boras, Swedia.

“Tujuannya untuk menata hutan kota agar lebih bermanfaat, dengan membangun fasilitas olah raga, tempat Expo, UKM, tempat musik tradisional, musik modern, serta hotel. Fasilitas ini harus bisa dinikmati seluruh masyarakat. Bukan merusak tetapi menjaga 13 ribu pohon yang ada, agar lebih terawat,” kata Hidayat saat diskusi bersama delegasi Swedia. (Berita selengkapnya baca edisi cetak, Sabtu 16 April 2016)