Thursday, 16 August, 2018 - 19:56

Tahun Ini, 16 Desa di Donggala Jadi Kampung KB

Donggala, Metrosulawesi.com - Tahun ini, BKKBN Kabupaten Donggala kembali memprogramkan pembentukan Kampung KB di 16 desa yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Donggala. Tahun sebelumnya, BKKBN Donggala sudah membentuk Kampung KB kurang lebih 16 desa di 16 kecamatan di Donggala.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Donggala La Samudia Dalili mengatakan, bercermin pada tahun sebelumnya sedikit kelabakan  dengan adanya program pusat ini karena banyaknya kendala.

Dia mengungkapkan yang paling terasa yakni pihaknya kekurangan tenaga profesional akibat rolling pegawai. Tenaga profesional yang dimiliki BKKBN diangkat menjadi camat dan lainnya.

“Sehingga petugas lapangan kurang, yang nota benenya kurang lebih 60-an sekarang tinggal 20-an lebih,” ujar Kaban BKKBN Donggala saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa 26 Juli 2018.

Jika seperti itu, kata dia pihaknya tidak bisa melakukan pembinaan secara optimal sementara target yang  harus dibina sebanyak  168 desa. Artinya pihaknya butuh tenaga profesional dalam pembinaan tersebut.
Dengan adanya persoalan ini pihaknya melakukan koordinasi dengan Bupati donggala Drs Kasman Lassa SH. Dengan bijak Bupati Donggala mengeluarkan kebijakan untuk mengangkat tenaga honor sebanyak 45 orang  untuk di tempatkan di masing masing desa.

Ia menambahkan sebelum ditempatkan mereka di bekali dengan sumber daya yang memadai sesuai dengan basic yang dibutuhkan di tempat tersebut. Melalui pelatihan pelatihan yang dilakukan oleh BKKBN Sulawesi Tengah sehingga kinerja mereka tidak kalah dengan tenaga sebelumnya dan kendala pun teratasi.


Editor: Syamsu Rizal