Friday, 24 November, 2017 - 21:24

Talise Valangguni Gelar Pra 3G

Pra Gerakan Gali Gasa yang digelar oleh Kelurahan Talise Valangguni. (Foto : Surahmanto S/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kelurahan Talise Valangguni menggelar pra Gerakan Gali Gasa (3G), Sabtu, 4 Maret 2017. Kegiatan yang dipusatkan di perempatan Jalan Soekarno-Hatta dan Sisingamangaraja ini ditandai dengan aksi bersih lingkungan dan penanaman pohon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Musliman mengungkapkan pra gerakan gali gasa merupakan bagian dari program K5 (Kebersihan, Keindahan, Ketertiban, Keamanan dan Kenyamanan) demi terwujudnya Palu bebas sampah dan Palu kota destinasi.

“Kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan aksi nyata dari pemerintah untuk mewujudkan Palu bebas dari sampah, kami mencanangkan untuk melakukan gerakan yang masif kepada seluruh pihak agar ikut berpartisipasi menyukseskan Palu bersih dan terbebas dari sampah,” ungkapnya saat ditemui metrosulawesi.

“Masyarakat harus turut serta dalam program-program pemerintah untuk mewujudkan Palu bebas sampah. Karena kami akan memberikan sanksi sosial kepada masyarakat yang tidak mau berpartisipasi dalam kegiatan Pemkot,” sambungnnya.

Musliman mengatakan untuk menyukseskan program Palu bebas sampah, masyarakat diimbau untuk berpartisipasi menjaga kebersihan pada lingkungannya masing-masing.

“Sanksinya berupa sanksi administrasi yaitu memperlambat urusan administrasi diantaranya mengurus KTP dan Kartu Keluarga (KK),” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Talise Valangguni Moh. Iqbal mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya tersebut sebagai aksi nyata untuk mengajak masyarakat berpartisipasi menyukseskan seluruh program pemerintah yang berkaitan dengan kebersihan di Kota Palu.

“Kegiatan bersih-bersih sudah kami lakukan selama tiga minggu terakhir. Tapi kali ini kami buat berbeda, karena ada penanaman pohon palem dan bunga pucuk merah. Kami mencoba untuk melakukan penghijauan di wilayah Talise Valangguni agar lebih dari sekedar bersih,” ungkapnya.

“Kegiatan ini murni swadaya masyarakat, sehingga kami berharap pemerintah bisa memberikan bantuan, demi menyukseskan kegiatan pembersihan di wilayah talise. Karena dibutuhkan tong sampah di beberapa lokasi, agar sarana pendukung untuk kebersihan dapat maksimal,” lanjutnya.

Demi masifnya aksi Palu bebas sampah, Lurah Talise Valangguni melakukan kordinasi kepada RT dan RW untuk menentukan lokasi-lokasi prioritas yang akan dibersihkan oleh masyarakat pada tiap minggu.

Kegiatan pra Gerakan Gali Gasa ini melibatkan masyarakat, Satgas K5, PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), RT dan RW, Padat Karya, tokoh adat, tokoh pemuda, babinsa dan bhabinkamtibmas.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.