Saturday, 22 September, 2018 - 07:24

Tanggapan Masyarakat Terkait DCS Hanya Dibuka 9 Hari

Agussalim Wahid. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - KPU Kota Palu telah menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) dan telah mengumumkan DCS selama tiga hari di media massa 12-14 Agustus 2018. Dengan demikian, KPU mengharapkan adanya tanggapan masyarakat bila terdapat DCS yang dianggap bermasalah.

“Ruang tanggapan masyarakat kami buka selama sembilan hari 12-21 Agustus 2018. Bila rentang waktu itu tidak ada tanggapan masuk, maka KPU tinggal menunggu proses penetapan Daftar Calon Tetap (DCT),” ujar Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, Senin 13 Agustus 2018.  
 
Ada tiga poin utama bagi KPU menilai tanggapan masyarakat yakni berkaitan dengan tindak pidana korupsi, kejahatan seksual terhadap anak dan tindak pidana narkoba. Bila KPU menerima tanggapan dan berkaitan dengan tiga poin itu serta diperkuat dengan barang bukti, maka KPU akan mengembalikan Bacaleg tersebut kepada partai pengusungnya untuk dilakukan pergantian.

Dengan ditetapkannya DCS, maka partai politik tidak bisa lagi mengganti Bacalegnya, kecualai memenuhi tiga unsur yakni meninggal dunia, ada tanggapan masyarakat dan mempengaruhi 30% keterwakilan perempuan.

“Sedangkan untuk Bacaleg laki-laki tidak bisa dilakukan pergantian bila tidak ada tanggapan masyarakat atau meninggal dunia,” ujar Agussalim.

Untuk lebih menyebarluaskan DCS, KPU Kota Palu juga mengumumkan nama-nama DCS di kelurahan masing-masing. Hal dimaksudkan supaya seluruh masyarakat dapat mengenal Bacaleg mereka sebelum ditetapkan menjadi DCT.
Meskipun membuka ruang tanggapan masyarakat, tetapi KPU Kota Palu bersyukur sedari awal partai politik sudah komitmen tidak mendaftarkan Bacaleg yang berkaitan dengan tiga unsur pidana tersebut.

“Untuk Kota Palu kami umumkan hanya 15 partai saja, karena 1 partai dinyatakan tidak lolos yakni PKPI,” ujar Agussalim.