Saturday, 25 November, 2017 - 11:31

TdCC II Dihelat November, Lintasi Enam Kabupaten dan Satu Kota

Tour de Central Celebes (TdCC) 2017. (Foto : Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Event Tour de Central Celebes (TdCC) 2017 yang telah resmi berakhir dipastikan akan dihelat kembali pada 2018 mendatang. Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengungkapkan TdCC II pada 2018 akan melintasi enam kabupaten dan satu kota. Waktu pelaksanaan akan dihelat pada November sama seperti TdCC 2017.

“Tahun 2018 pelaksanaan TdCC akan dilaksanakan dengan jadwal yang sama pada tahun 2017,” ungkap Longki di rapat Tepra Pemprov Sulteng, Senin 13 November 2017.

Longki merincikan enam kabupaten dan satu kota yang akan dilintasi TdCC II yakni Kabupaten Banggai, Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Sigi dan Donggala serta Kota Palu.

“Starnya dimulai dari Banggai finish di Kota Palu,” ujar gubernur.

Dengan melewati enam kabupaten dan satu kota, panjang lintasan TdCC II sekitar 800 sampai 900 kilometer. Adapun untuk alokasi anggarannya dimasukkan pada APBD murni tahun 2018.

Melalui kesempatan ini, Longki juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan TdCC 2017. Apalagi penyelenggaraan TdCC di daerahnya sudah akan masuk menjadi agenda tahunan induk organisasi internasional olahraga sepeda yakni Union Cyclist Commisoinaire (UCI).

“TdCC sukses terbukti dengan apresiasi masyarakat yang tinggi terhadap pelaksanaan TdCC,” tadas gubernur.

Seperti diketahui, tujuan utama dilaksanakannya TdCC untuk mempublikasikan dan mempromosikan potensi pariwisata di daerah ini. Itu karena Sulawesi Tengah memiliki peluang menjadi destinasi wisata unggulan nasional bahkan international.

TdCC 2017 di Sulteng merupakan yang pertama kali dihelat menempuh jarak sepanjang 486,9 kilometer  dengan rute start dari Ampana, Kabupaten Tojo Unauna menuju rute akhir Kota Palu dimulai pada 6, 7 dan 8 November 2017.

“Sebagai yang pertama di Sulawesi Tengah, TdCC 2017 masih memiliki banyak kekurangan, namun kami berkomitmen untuk menggelar event ini secara berkelanjutan dan semakin profesional.  Kami optimis TdCC akan masuk dalam UCI race point sehingga akan lebih banyak diikuti oleh pebalap-pebalap sepeda profesional kelas dunia,” kata gubernur belum lama ini.


Editor : M Yusuf Bj

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Berita Terkait