Sunday, 22 July, 2018 - 03:05

TdCC II Tempuh Jarak 738 KM, Lalui 6 Kabupaten dan 1 Kota

BERI ARAHAN - Gubernur H Longki Djanggola didampingi Sekteraris Daerah Mohamad Hidayat dan Ketua DPRD Sulteng Aminuddin Ponulele memberi pengarahan dirapat koordinasi perdana panitia TdCC II di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Selasa, 15 Mei 2018. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Tour de Central Celebes (TdCC) II dipastikan akan lebih meriah karena melalui 6 enam kabupaten dan 1 kota. TdCC II akan menempuh jarak mencapai 738,6 Kilometer (KM) dengan 5 etape. Hal ini terungkap dirapat koordinasi perdana panitia TdCC II di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Selasa, 15 Mei 2018.

Berdasarkan kalender UCI dan rekomendasi ICF, TdCC II akan dihelat pada 14 sampai 18 Oktober 2018. Adapun 6 kabupaten yang dilalui yaitu  Banggai, Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Sigi dan Donggala. Sementara 1 kota yang dilalui sekaligus menjadi titik finish etape yaitu Kota Palu.

Lima etape TdCC II rinciannya yakni etape satu Kabupaten Banggai, titik start di RTH Teluk Lalong, Luwuk dan finish di Rambu SPBU Kecamatan Bunta dengan jarak tempuh 132,2 KM. Dietape satu diperkirakan para pebalap akan menempuh dengan durasi waktu 3 jam 43 menit.

Etape II Kabupaten Tojo Unauna menuju Poso, titik start di Objek Wisata Pantai Pasir Putih dan finish di Kota Poso dengan jarak tempuh 162,6 KM. Dietape II diperkirakan para pebalap akan menempuh dengan durasi waktu 4 jam 15 menit.

Etape III Kabupaten Poso menuju Parigi Moutong, titik start di Objek Wisata Air Terjun Saluopa dan finish di depan Kantor Bupati Parigi Moutong dengan jarak tempuh 204,1 KM. Dietape III diperkirakan para pebalap akan menempuh dengan durasi waktu 5 jam 10 menit.

Etape IV Kabupaten Parigi Moutong menuju Kabupaten Sigi, titik start di depan Kantor Bupati Parigi Moutong dan finish di Tugu Topeaju, Bora, Sigi dengan jarak tempuh 111,7 KM. Di etape IV diperkirakan para pebalap akan menempuh dengan durasi waktu 3 jam 6 menit.

Terakhir etape V Kabupaten Donggala menuju Kota Palu, titik di Lapangan Sepak Bola desa Watatu, Banawa Selatan Donggala dan finish di depan Kantor Gubernur Sulteng dengan jarak tempuh 127,7 KM. Di Kota Palu menjadi finish akhir etape yang total keselurahan jarak tempuh mencapai 738,6 KM. TdCC II akan diikuti oleh 20 tim pebalap terdiri dari pebalap Nasional dan Internasional. Setiap tim terdiri 5 pebalap dan 3 official dengan jumlah total 160 orang. Total hadiah yang disiapkan panitia mencapai Rp1,3 miliar.

Gubernur H Longki Djanggola yang hadir langsung memberi pengarahan saat rapat koordinasi perdana ini meminta panitia baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota harus bekerja maksimal agar kesuksesan TdCC I bisa terulang di TdCC II.

“Seperti kita ketahui ifven TdCC merupakan momen untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Sulawesi Tengah. Nah kalau TdCC II sukses kita semua juga yang akan merasakan manfaatnya,” ujar Longki.

Perwakilan kabupaten/kota yang hadir dirapat menyampaikan kesiapan untuk menyukseskan TdCC II. Longki mengungkapkan rencananya TdCC II akan dilauncing oleh Menteri Pariwisata akhir Juni mendatang di Jakarta.

“Jadi bapak/ibu yang punya iven kepariwisataan melapor memang agar bersamaan kita launcing di Jakarta. Rapat koordinasi akan kita kita laksankan satu kali lagi sebelum launcing,” tandas gubernur.

Selain dihadiri perwakilan kabupaten/kota, rapat koordinasi perdana tutut dikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta sejumlah OPD lainnya.  


Editor: Udin Salim

Tags: